Pekanbaru (ANTARA News) - Bulan suci Ramadhan menjadi momen berharga bagi tiga orang warga yang memeluk agama Islam atau "mualaf" di Masjid Agung Annur, Kota Pekanbaru, Jumat.

Disaksikan ratusan jamaah dan para ulama usai ibadah Shalat Jumat, tiga orang mualaf itu mengucap dua kalimat syahadat sebagai syarat sah memeluk agama Islam.

Satu di ataranya adalah seorang pelajar SMK Tunas Karya Pekanbaru bernama Untung Hasudungan Hutagalung.

Kemudian, ada Dewi Irawati Boru Naibao dari Perawang, Kabupaten Siak, dan Yarlina Haliwah, gadis yang datang dari Nias, Sumatera Utara.

Pengucapan syahadat dimpimpin oleh Imam Masjid Agung Annur KH Yusuf Ahmad. Mereka juga mengucapkan ikrar bahwa memeluk Islam tanpa ada tekanan dari pihak manapun.

Ratusan jamaah yang melihat proses tersebut memberi ucapan selamat kepada tiga orang mualaf. Banyak dari para jamaah itu juga memberikan sumbangan dana sukarela kepada mereka.

Masjid Agung Annur memang menjadi tempat yang dituju bagi orang yang ingin memeluk agama Islam, dan dalam sebulan rata-rata ada 4-5 orang mualaf yang jumlahnya bisa meningkat saat bulan Ramadhan. Di tempat itu, setiap mualaf mendapat bimbingan dari para ulama.

"Setelah memeluk Islam, mereka mendapat bimbingan dan pelajaran sebanyak lima kali pertemuan," tutur KH Yusuf Ahmad.

Ia mengatakan para mualaf tidak dipungut biaya, malah mendapat seperangkat alat shalat dan Al Quran. Pelajaran yang diberikan di antaranya tata cara bersuci, shalat, dan puasa. "Setelah itu, baru kita akan bimbing mereka soal pemahaman Islam," ucapnya.

Dewi Irawati mengatakan, dirinya sudah mempersiapkan mental sejak lama untuk memeluk Islam. Berkat dorongan dari pihak kerabat, ia akhirnya memilih mengucap syahadat pada saat bulan Ramadhan. "Saya sangat senang," kata gadis yang mengatakan sudah dua tahun terakhir mencoba mempelajari Islam.

Sedangkan, Yarlina Haliwah mengatakan masuk Islam karena keinginan pribadi dan termotivasi melihat empat saudara kandungnya yang sebelumnya telah menjadi Muslim. "Semoga saya bisa menjadi muslimah yang taat," harapnya.

Pewarta: FB Anggoro
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2013