Pekalongan (ANTARA News) - Pemerintah Kota Pekalongan, Jawa Tengah, mengungkapkan jumlah kiriman uang dari tenaga kerja Indonesia asal daerah itu yang bekerja di luar negeri selama lima bulan terakhir mencapai Rp29,33 miliar. 

"Berdasar data, pengiriman uang tenaga kerja Indonesia atau TKI pada Mei 2013 saja sebanyak Rp6,21 miliar. Adapun jika ditotal selama Januari hingga Mei 2013 telah mencapai Rp29,33 miliar," kata Kepala Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Pekalongan Budiyanto di Pekalongan, Jumat.

Budiyanto didampingi Kepala Seksi Penempatan Tenaga Kerja Bidang Penempatan Tenaga Kerja, Heru Purwanto mengatakan saat ini jumlah TKI berasal dari Kota Pekalongan yang bekerja di luar negeri sebanyak 697 orang.

"Mereka bekerja sebagai tenaga formal, seperti di Jepang, Hong Kong, Singapura, Arab saudi, dan Malaysia," katanya.

Ia mengatakan kiriman uang TKI dari Arab Saudi pada Mei 2013 mencapai sebanyak Rp4 miliar, Malaysia Rp597 juta, Singapura Rp80 juta, Hongkong Rp31 juta dan Jepang Rp83 juta.

"Kami memperkirakan kiriman uang dari para TKI ini akan meningkat signifikan pada pertengahan Ramadhan," katanya.

Menurut dia, tingginya kiriman uang para TKI yang bekerja di Arab Saudi karena jumlah mereka yang bekerja di negara kerajaan itu lebih besar dibanding negara lainnya.

"Sebanyak 497 dari 697 orang bekerja di Arab Saudi sehingga kiriman uang TKI ke tanah air lebih besar dibanding mereka yang bekerja di negara lainnya," katanya.

(KR-KTD/A039)

Pewarta: Kutnadi
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013