... kapal-kapal perang baru untuk Armada Pasifik akan dimulai pada 2014... "
Moskow (ANTARA News) - Mulai tahun depan, Armada Pasifik Rusia akan mulai menerima kapal perang baru; ini menjadi pertama kali sejak Uni Soviet runtuh, kata Komandan Armada Pasifik, Laksamana Sergei Avakyants.

"Sebaliknya pengiriman skala besar peralatan baru, kapal-kapal perang baru untuk Armada Pasifik akan dimulai pada 2014," kata Avakyants dalam satu wawancara dengan televisi Rusia, Rossiya 24, Kamis kemarin.

Avakyants menekankan, fakta armada menerima kapal perang baru terakhir kali terjadi pada 1991.

Rusia memang tengah memodernisasi angkatan perangnya, semisal pembelian kapal induk kelas Mistral dari Prancis, kapal selam pengganti kelas Typhoon, serta Su-35 dan Su-37 serta PAK FA T-50 yang kemampuannya digadang-gadang di atas F-22 Raptor Amerika Serikat. 

Menurut militer Rusia, setidaknya salah satu dari dua operator helikopter untuk kapal perang kelas Mistral, sedang dibangun di Prancis untuk angkatan laut Rusia, ditujukan untuk Armada Pasifik, yang telah mendorong kekhawatiran di Jepang.

Beberapa proyek korvet kelas Steregushchy 20380 sedang dibangun untuk Armada Pasifik di galangan kapal Amur di Rusia Timur Jauh dengan perkiraan pengiriman pada 2014-2015.

Selain itu, salah satu kapal selam balistik kelas Borei pertama akan dimasukkan dalam pelayanan pada armada setelah banyak diantisipasi komisi pada akhir 2013, menurut Kementerian Pertahanan Rusia. Inilah yang diproyeksikan menggantikan kapal selam kelas Typhoon. 

Armada Pasifik saat ini terdiri dari kapal penjelajah rudal Varyag, empat kapal kelas Udaloy, kapal perusak kelas Sovremenny dan puluhan kapal selam, termasuk lima kapal selam rudal balistik kelas Delta III.

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013