Bandarlampung (ANTARA News) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Lampung hingga saat ini belum memutuskan pembiayaan untuk pelaksanaan Pemilihan Gubernur Lampung 2013.

Menurut Wakil Ketua DPRD Lampung Hantoni Hasan, dalam dialog tentang transparansi anggaran diselenggarakan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Bandarlampung, Sabtu, pada APBD Lampung 2013 memang tidak ada alokasi anggaran untuk Pilgub Lampung yang akan dilaksanakan pada tahun ini.

Hal itu, katanya, memang sejak awal tidak diusulkan oleh Pemprov Lampung dan tidak ada Fraksi maupun anggota DPRD Lampung yang mengusulkan atau mempersoalkannya. KPU Lampung menjadwalkan Pilgub akan dilaksanakan pada 2 Oktober 2013.

"Sejak pembahasan hingga penetapan APBD Lampung tahun 2013 itu memang tidak ada diusulkan atau dibahas anggaran untuk Pilgub Lampung 2013, dan semua itu telah disetujui menjadi keputusan DPRD Lampung," ujar politisi dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu pula.

Begitupula berkaitan permintaan atau desakan kepada DPRD Lampung untuk segera membahas pembiayaan Pilgub Lampung 2013 dalam RAPBD Perubahan tahun ini, menurut dia, hingga saat ini pihaknya masih menunggu inisiatif pengajuannya dari Pemprov Lampung.

Tapi menurut Hantoni, sesuai dengan proses dan mekanisme penganggaran yang berlaku, RAPBD Perubahan 2013 baru akan dibahas setelah diusulkan oleh Pemprov Lampung.

Padahal sesuai mekanisme dan prosesnya, pengajuan RAPBD Perubahan itu akan dilakukan setelah rampung pembahasan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) keuangan oleh gubernur Lampung terhadap pelaksanaan APBD 2013, sehingga dapat diketahui ada tidak sisa lebih anggaran (SILPA).

Karena itu, menurut dia, berkaitan polemik atau kontroversi ketiadaan pembiayaan berkaitan pelaksanaan Pilgub Lampung yang oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lampung dijadwalkan pemungutan suaranya pada 2 Oktober 2013, memang belum diatur pembiayaannya karena belum ada keputusan DPRD berdasarkan usulan Pemprov Lampung tentang hal tersebut.

Lagipula menurut dia, saat ini masih terdapat waktu yang dinilai mencukupi dan belum mendesak berkaitan pemilihan kepala daerah Lampung dengan masa jabatan gubernur saat ini berakhir hingga 2 Juni 2014.

Pewarta: Budisantoso Budiman
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2013