Kupang (ANTARA News) - Lima kabupaten di Provinsi Nusa Tenggara Timur menjadwalkan pemilihan kepala daerah (Pilkada) secara serentak pada 5 Agustus 2013.

Lima kabupaten itu adalah Sumba Barat Daya (SBD), Alor, Sumba Tengah, Rote Ndao, Kabupaten Kupang dan Kabupaten Manggarai Timur, kata Juru Bicara Komisi Pemilihan Umum Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) Djidon de Haan, di Kupang, Minggu.

"Dalam tahun 2013 ini ada 11 pilkada, termasuk Pilkada Gubernur. Tiga pemilihan sudah digelar yakni Pilkada Gubernur, Pilkada Sikka dan Pilkada Nagekeo. Lima Pilkada digelar 5 Agustus mendatang," kata Djidon de Haan.

Sementara tiga kabupaten lainnya yakni Ende dan Timor Tengah Selatan masih dalam proses.

Khusus untuk Kabupaten Belu, proses persiapannya masih mengalami kebuntuan karena terjadi perbedaan pemahaman antara pemerintah dan penyelenggara dalam hal keikutsertaan Daerah Otonomi Baru Malaka yang baru memisahkan diri dari kabupaten induk Belu.

Djidon mengatakan, dalam tahun 2013 memang ada banyak pilkada di NTT karena pemilihan di beberapa kabupaten dipercepat pada 2013 mengingat pada 2014 tidak ada pelaksanaan pilkada. Semua persiapan diarahkan untuk Pemilu legislatif dan Pemilu Presiden.

Tetapi, bagi kepala daerah yang masa jabatannya baru berakhir pada 2014 seperti Kabupaten Kupang dan TTS, pelantikannya tetap dilaksanakan pada tahun mendatang, katanya menambahkan.

"KPU provinsi terus memantau semua persiapan yang berhubungan dengan pelaksanaan pilkada di lima kabupaten ini. Sejauh ini tidak ada masalah," katanya.

Pewarta: Bernadus Tokan
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2013