Bandung (ANTARA News) - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan memastikan 10 hari menjelang Hari Raya Idul Fitri, semua jalur mudik di wilayah Jabar siap untuk dilalui pemudik.

"Sesuai dengan yang diutarakan Pak Menteri (Pekerjaan Umum) seluruh infrastruktur jalan yang akan dilalui pemudik akan selesai pada H-10. Meskipun para pemudik akan lebih banyak bertumpuk di jalur nasional. Setelah itu baru provinsi, kemudian jalan-jalan kota-kabupaten ketika pemudik akan mendekati rumahnya masing-masing," kata Ahmad Heryawan, di Gedung Sate Bandung, Senin.

Ia mengatakan saat ini memang masih ada beberapa pekerjaan perbaikan jalan provinsi di beberapa titik di Jabar. Sementara jalur provinsi yang sudah siap dilalui pemudik diantaranya Cikamuning, Pangalengan, Cidaun, Cianjur, Warungkondang, Sukanagara, dan Pameungpeuk.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Jawa Barat, Dedi Taufik, menambahkan selain jalur utama, jalur alternatif pun sudah diperbaiki dan siap dilalui pemudik.

"Insya Allah pada H-10 Lebaran seluruh jalur baik itu jalur utama maupun alternatif sudah siap dilalui pemudik. Insya Allah semua pekerjaan sudah selesai sebelum H-10," ujar Dedi.

Selain pebaikan jalur, untuk mengurai kemacetan saat mudik tahun ini, pihaknya akan memasang 15 CCTV yang tersebar di wilayah Jaba, seperti di Ciawi, Cibadak, Losarang, Cibiru, Kadungora, Malangbong, Simpang Cikoneng dan Banjar.

"Pemasangan CCTV ini akan terintegrasi dengan satuan Lalu lintas Polda Jabar. Tujuan pemasangan CCTV ini untuk mengurai kemacetan. Jadi, kita bisa melihat titik-titik kemacetan untuk kemudian diambil langkah atau pengalihan jalur dengan cepat," katanya.

Sementara itu, 3.000 personel akan diturunkan untuk mengatur lalu lintas saat atur mudik."Anggota ini akan disebar di wilayah Jabar. Tentunya kami akan menyimpan petugas lebih di titik-titik kemacetan," ujarnya.

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2013