Taipeh (ANTARA News) - Apple akan menggulirkan smartphone dan tablet berlayar lebih besar dalam upaya mensejajarkan dengan kecenderungan yang diciptakan pesaingnya, Samsung.

Raksasa teknologi dari California itu dan para pemasoknya di Asia sedang mengujikan smartphone berlayar empat inchi lebih lebar dan tablet berlayar sekitar 13 inchi, lapor Wall Street Journal seperti dikutip AFP.

Samsung, yang sudah terlebih dulu merilis serangkaian handset dan tablet berlayar besar, berhasil menaikkan penguasaan pangsa pasar globalnya karena konsumen menyukai produknya ini sehingga membuat Apple tertekan untuk terpaksa memasukinya pula.

"Rancangan-rancangan seperti itu bisa dipahami karena orang cenderung lebih menggunakan ponsel pintar mereka untuk aplikasi-aplikasi ketimbang menelepon," kata Kuo Ming-chi dari KGI Securities Investment Advisory Co kepada AFP.

Saat ini, iPhone 5 memiliki layar empat inci, lebih kecil dibandingan S4 Samsung yang punya layar lima inci.  Ponsel pintar-ponsel pintar ini kerap disebut "phablets" karena ukurannya antara telepon dan tablet.

Setelah menawarkan opsi ukuran layar dan harga handset, Samsung menguasai 33,1 persen pangsa pasar  dalam tiga bulan sampai Maret lalu, sedangkan Apple hanya menguasai 17,9 persen, kata Strategy Analytics.

Di samping mengakui Apple mungkin bertahan dengan pandangannya bahwa smartphone mesti dirancang untuk pemakaian satu tangan, Kuo mengatakan kemajuan teknologi baterai dan prosesor akan memaksa pandangan itu berubah.

"Layar yang lebih besar berarti konsumsi power yang lebih besar. Namun pemikiran itu mungkin berubah karena baterai besar dan kemajuan teknologi pembuatan chip membuat konsumsi energi menjadi lebih efisien," kata dia.

Kuo menambahkan Apple juga akan mencoba layar lebih besar untuk produk-produk tabletnya dalam upaya memenuhi tuntutan pasar yang berharap bekerja dengan perangkat-perangkat mereka.

"Namun kemudian sekali lagi bahwa tablet dengan layar lebih besar akan menjadi terlalu berat untuk dibawa pengguna. Itulah hal yang Apple ingin dapatkan jalan tengahnya," kata dia.

iPad yang sekarang mempunyai layar 9,7 inci, sedangkan iPad Mini memiliki layar selebar 7,9 inci.

Sumber-sumber Wall Street Journal menyebutkan Apple mulai menciptakan iPhone jenis baru ini Juni silam, sedangkan pembuatnya adalah Hon Hai Precision Industry Co., mengapalkan iPhone jenis baru ini Agustus nanti, demikian AFP.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013