Jakarta (ANTARA News) - Dewan Pengurus Pusat Partai Kebangkitan Bangsa dipimpin ketua umumnya, Muhaimin Iskandar mulai 24 Juli hingga 2 Agustus menggelar safari Ramadhan keliling Jawa Barat dan Banten bersama Rhoma Irama.

"Ketua umum dan Bang Haji (Rhoma Irama) akan silaturrahim ke beberapa pesantren dan ziarah makam auliya," kata Ketua Rombongan Safar Ramadhan DPP PKB Helmy Faishal Zaini di Jakarta, Selasa.

Helmy mengatakan dalam rangkaian safari itu akan ada beberapa agenda mulai dari buka puasa bersama, kultum, tabligh akbar, dialog agama, santunan anak yatim, hingga sahur bersama "on the road".

Acara Safari Ramadhan DPP PKB bersama Rhoma Irama akan dimulai dengan bersilaturrahim bersama penggemar Rhoma di Masjid Al-Mukhlasin di Jalan Abdul Wahab, Sawangan, Depok.

Lalu dilanjutkan tarawih dan tabligh di Masjid Al-Muttaqien Kampung Bojong, Bogor, serta shalat Subuh di Masjid Agung Baranangsiang.

Keesokan harinya berlanjut dengan agenda silaturrahim dengan komunitas organ tunggal di Cianjur, silaturrahim dengan 4.000 santri Pesantren Al-Ittihad Karang Tengah, Cianjur, lalu bergeser ke Bandung.

Di Bandung akan "roadshow" ke Pondok Pesantren Unwanul Falakh, Sorokan, Jeruk, Bandung, sahur bersama dhuafa dan anak jalanan di Pondok Pesantren Sirna Miskin, Kopo, Kota Bandung, shalat Subuh di Masjid Agung Lembang, Bandung Barat, terus berlanjut dengan agenda serupa di Purwakarta, Karawang, Bekasi, Pandeglang, Lebak, Serang, dan berakhir di Tangerang Selatan.

Helmy Faishal yang juga Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal menjelaskan tujuan penting dari kegiatan Safari Ramadhan ini adalah untuk mempererat tali silaturahim dengan para ulama, tokoh masyarakat, dan konstituen PKB.

"Dengan kita jalin silaturrahim harapannya tentu bisa bermuara pada terjalinnya ukhuwah islamiyah, ukhuwah basyariyah, dan ukhuwah wathaniyah yang lebih kokoh di antara sesama anak bangsa," paparnya.

Yang tak kalah penting, imbuhnya, dalam Safari Ramadhan ini DPP PKB juga berkepentingan untuk mengomunikasikan tentang komitmen keindonesiaan PKB dengan "tagline" barunya "Indonesia Lahir Batin".

(S024/A013)

Pewarta: Sigit Pinardi
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013