Serang (ANTARA News) - PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak akan menyiapkan dermaga khusus untuk kendaraan roda dua atau motor menghadapi puncak arus mudik Lebaran 2013.

"Ketika terjadi puncak arus mudik ASDP menyiapkan dermaga khusus motor yaitu dermaga 4 dan dermaga 5," kata General Manager PT ASDP Cabang Merak Supriyanto di Serang, Selasa.

Usai mengikuti Rapat Kordinasi Persiapan Angkutan Lebaran di Kantor Gubernur Banten, Serang, Supriyanto menjelaskan, dalam melayani arus mudik Lebaran 2013 ASDP Merak telah menyiapkan sekitar 42 unit kapal jenis Ro-Ro (roll on roll over).

ASDP terus meningkatkan dan memperbaiki pelayanan, diantaranya untuk mempercepat waktu bongkar muat bongkar dari biasanya 60 menit menjadi 50 menit untuk satu kali bongkar.

"Kami juga menyiapkan tiga akes masuk jalur penumpang, sehingga penumpang tidak menumpuk di pintu masuk dermaga satu seperti yang terjadi pada tahun sebelumnya," ujar Supriyanto.

Sedangkan untuk calon penumpang yang belum terangkut karena harus antri, ASDP juga membangun tenda mulai dari dermaga tiga sampai ujung dermaga lima.

Untuk mengurangi kemacetan atau penumpukan kendaraan di pelabuhan Merak saat arus mudik dan balik, ASDP mengimbau para pemudik untuk menyeberang pada pagi hingga siang hari, agar tidak terjadi penumpukan pada malam hari.

"Kami sudah lakukan sosialisasi melalui media dalam bentuk imbauan agar pemudik tidak bersamaan datang ke pelabuhan pada malam hari," kata Supriyanto.

Ia menambahkan, puncak arus mudik Lebaran 2013 diperkirakan terjadi pada H-5, berbeda dengan tahun sebelumnya yang mencapai puncak pada H-3.

Dengan begitu arus penumpang bisa terurai karena masih ada waktu yang cukup untuk melakukan penyeberangan sebelum Lebaran.

Untuk menambah kenyamanan bagi pemudik, ASDP Merak mulai H-7 melarang kendaraan truk yang akan menyeberang, kecuali untuk kendaraan truk kebutuhan pokok.

Pewarta: Mulyana
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2013