Jambi (ANTARA News) - Untuk antisipasi melonjaknya harga daging menjelang Idul Fitri 1434 Hijriah, sejumlah dinas di lingkungan Pemkab Batanghari akan melakukan pemotongan sapi.

Dinas Peternakan Kabupaten Batanghari telah mendata ada 33 kelompok dari jajaran dinas/instansi yang berencana melakukan pembelian dan pemotongan sapi sendiri.

Kepala Bidang Produksi Ternak, Dinas Peternakan Kabupaten Batanghari Ani Efrita ketika ditemui, Selasa mengatakan, pihaknya juga melakukan pendataan terhadap kelompok masyarakat atau organisasi yang berencana melakukan pembelian ternak dan memotong hewan sendiri.

Hingga Selasa, Dinas Peternakan mencatat sebanyak 32 pesanan ternak dan kemungkinan pada H-3 lebaran ternak-ternak yang telah dipesan tersebut akan diambil dan dipotong.

"Kita mencatat banyak kelompok yang telah merencanakan pembelian ternak untuk dipotong sendiri. Tidak terkecuali dari dinas/instansi yang telah memesan 32 ekor ternak," katanya.

Pemotongan hewan itu akan dilakukan oleh kelompok masing-masing, sehingga nantinya yang akan dibagikan kepada anggota hanyalah daging yang telah siap diolah.

Selain dari dinas/instansi Pemkab Batanghari, pemotongan hewan juga ada dari berbagai kelompok masyarakat yang berencana ikut membeli ternak sendiri. Seperti kelompok pengajian dan kelompok arisan yang ada di lingkungan masyarakat.

Sementara itu harga ternak yang akan dijual saat ini hingga mendekati Idul fitri masih bevariasi. Harga yang berlaku tergantung negosiasi antara pembeli dan pegadang.

Hanya saja net yang dimungkinkan untuk dijadikan pedoman harganya antara Rp8 juta untuk berat ternak 80 kg dan harga Rp11 juta untuk ternak dengan berat 100 kg.

Sedangkan harga daging saat ini masih berada di harga terendah Rp100 ribu/Kg dan harga tertinggi Rp120 ribu/Kg. Diperkirakan harga ini masih tetap bertahan hingga lebaran.

(KR-BS/E003)

Pewarta: Bangun Santoso
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013