Program ini hanya untuk masyarakat yang tidak mampu..."
Bogor (ANTARA News) - PT Pos Indonesia kembali menggelar program Mudik Gratis untuk mengangkut pemudik tujuan Jawa Tengah dan Jawa Timur pada Ramadhan 1434 Hijiran tahun 2013 ini.

"Program Mudik Gratis ini dalam rangka promosi serta membantu menyediakan angkutan lebaran bagi masyarakat yang kurang mampu dan kesulitan mendapatkan tiket pulang kampung," kata Kepala Kantor Pemeriksa Bogor, Dody Haryanto, di Bogor, Rabu.

Dody menyebutkan, program mudik gratis PT Pos Indonesia menargetkan 1.000 orang pemudik tujuan Jawa Tengah dan Jawa Timur dengan jumlah bus sebanyak 20 unit.

Program Mudik Gratis PT Pos Indonesia, lanjut Dody, merupakan yang kedua kalinya dilaksanakan. Tahun lalu, PT Pos Indonesia menyediakan 10 unit bus dengan jumlah pemudik yang terangkut 500 orang.

Tingginya respon positif masyarakat dengan penyelenggaraan kegiatan mudik gratis tersebut, tahun ini meningkat menjadi 20 bus, di mana Kantor Pos Bogor mendapat jatah pemudik yang akan diberangkatkan sebanyak 30 kursi.

"Promo ini sudah dibuka sejak 1 Juli kemarin dan pendaftaran terakhir pada 27 Juli nanti," kata Dody.

Dody menyebutkan, program mudik gratis ini khusus diperuntukkan bagi masyarakat tidak mampu. Sebelum melaksanakan program ini, pihak Pos melakukan observasi dan pengamatan langsung terhadap para peserta mudik.

"Program ini hanya untuk masyarakat yang tidak mampu, orang yang memang membutuhkan tiket mudik yang bisa ikut program ini," kata Dody.

Selanjutnya, kata Dody, bus yang disediakan merupakan bus yang dilengkapi pendingin ruangan, dengan kapasitas satu bus untuk 50 orang.

Untuk bisa mendapatkan promo mudik gratis ini, lanjut Dody, dengan syarat menunjukkan resi wesel pos instan minimal transaksi Rp250.000 dengan nama pengirim yang sama (periode pengiriman 1 hingga 27 Juli).

Syarat lainnya, peserta dapat menunjukkan 10 resi pospay nama yang sama (transaksi periode 1 Januari hingga 27 Juli).

Para peserta mudik gratis dapat mendaftarkan diri ke seluruh kantor pos di wilayah Jabodetabek seperti Kantor Pos Juanda Bogor, Cibinong, Depok, Ciputat, Serang, Tanggerang, Bekasi, Jakarta Barat, Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Jakarta Utara, dan Jakarta Pusat.

Selain itu, lanjut Dody, dalam program mudik gratis ini, Kantor Pos juga mengadakan program Mudik Bebas Repot dalam rangka mengurangi kerepotan penumpang dalam membawa barang saat mudik lebaran.

"Pemudik cukup duduk manis tidak perlu memikirkan barang bawaannya," katanya.

Dody menambahkan, dari 30 tempat duduk yang tersedia di Kantor Pos Bogor, sebanyak 15 kursi telah terisi. Saat ini masih tersisa 15 kursi lagi bagi pengguna jasa pos yang ingin mudik gratis.

Pewarta: Laily Rahmawati
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013