Kalianda, Lampung Selatan (ANTARA News) - Harga buah-buahan di sejumlah pedagang di Kabupaten Lampung Selatan meningkat signifikan seiring dengan meningkatnya pemintaan masyarakat selama Ramadhan 1434 Hijriah.

Salah satu pedagang di Pasar Inpres Kalianda Fatimah di Kalianda Kabupaten Lampung Selatan, Selasa, mengatakan permintaan buah meningkat hampir dari semua jenis yang dijual di pasar tradisional itu.

Ia menyebutkan, buah-buahan yang mengalami peningakatan permintaan seperi jeruk, mangga, apel, kelengkeng, salak, anggur, melon dan semangka selama bulan puasa ini.

Selain permintaan meningkat, kata dia, harga buah tersebut juga naik pada antara Rp2.000 sampai Rp5.000 per kilogram.

"Seperti anggur sebelumnya pada kisaran Rp75.000 per kilogram saat ini mencapai Rp80.000 per kilogram," kata dia.

Buah buahan tersebut sebagian besar didatangkan dari pulau Jawa sehingga biaya pengiriman juga naik menjelang lebaran ditambah lagi harga bahan bakar kendaraan naik.

"Biasanya harga buah buahan akan naik lebih tinggi mendekati lebaran," ujar dia.

Pedagang setempat lainya Rahma mengatakan permintaan buah memang meningkat dan harganya naik saat puasa kali ini.

Rahma menyebutkan harga buah jeruk biasanya Rp16.000/kg menjadi Rp18.000/kg, kelengkeng naik dari Rp20.000 menjadi Rp23.000/kg, semangka dari Rp10.000/kg menjadi Rp11.000/kg, apel Rp17.000/kg menjadi Rp20.000/kg.

"Kenaikan terjadi sejak awal puasa, begitu juga peningkatan permintaan," kata dia.

Namun, menurut dian harga itu masih tergolong wajar dan konsumen memakluminya karena saat ini berbagai kebutuhan pokok di pasar itu juga naik.

Ia menambahkan pembelian buah-buahan ramai saat siang sampai sore hari karena warga setempat membutuhkan untuk berbuka puasa. "Permintaan paling banyak dari para pedagang takjil seperti es buah dan lainnya," tambah dia.

(KA*A054/E001)

Pewarta: Agus W Sukarta
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013