Jakarta (ANTARA News) - Harga-harga yang melambung tinggi membuat masyarakat menderita. Hal itu membuat berbagai instansi, pemda bahkan swasta menggelar pasar murah untuk membantu masyarakat mengurangi beban hidup.

Di Kelurahan Gunung Simping, Sidanegara, Lomanis, Donan, dan Kutawaru, masyarakat "menyerbu" pasar murah yang digelar di halaman Kantor Kecamatan Cilacap Tengah, Kabupaten Cilacap, Rabu.

Pasar murah tersebut menjual paket sembako serta berbagai produk UMKM dengan harga di bawah pasaran, barang-barang tersebut ludes dibeli warga dalam kurun waktu satu jam.

Sementara itu Artha Graha Peduli membuka pasar murah dan daging murah Ramadhan di kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat,

Siaran pers Artha Graha Peduli (AGP), Rabu, menyebutkan, kegiatan yang dilakukan tepatnya di Jalan Bendungan Jago, Kelurahan Utan Panjang, Kemayoran, diminati banyak masyarakat.

Selain di Kemayoran, kegiatan pasar murah Ramadhan juga dilakukan di beberapa titik di Jakarta di Kantor Walikota Jakarta Utara, Pademangan, Pangeran Jayakarta, Tanah Merah, serta Kelapa Gading.

Untuk pasar daging murah dilakukan di Cikeas, Mampang Prapatan, Bumi Serpong Damai, Bangka, Jati Padang, Cawang, Kemayoran, Duri Utara, Wali Kota Jakarta Utara, Ulujami, serta Pondok Bambu.

Pihaknya menjual daging sapi di harga Rp70.000,-per kilogramnya. Penjualan daging murah Artha Graha Peduli akan berlangsung sampai menjelang Idul Fitri 1434 H.

Warga Kota Ambon juga "menyerbu" pasar murah di kawasan Air Besar, yang digelar Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon menjelang Idul Fitri 1434 Hijriah.

Hujan yang turun sejak pagi tidak menghalangi ibu-ibu rumah tangga bersama anak-anaknya mendatangi lokasi pasar murah di kawasan Air Besar, Kota Ambon, untuk berbelanja bahan kebutuhan pokok yang dijual dengan harga murah.

Nurhayati, salah seorang warga mengatakan bahwa pasar murah yang digelar Pemkot Ambon bermanfaat bagi masyarakat, terutama pada saat harga kebutuhan pokok yang melonjak di pasar menjelang Lebaran.

"Kesempatan ini digunakan untuk berbelanja bahan untuk membuat kue lebaran dan kebutuhan selama puasa karena harga di sini jauh lebih menguntungkan jika berbelanja di pasar," katanya.

Batalyon Armed 3/Naga Pakca di Kota Magelang, Jawa Tengah, juga menggelar pasar murah untuk membantu masyarakat sekitar markas itu mendapatkan berbagai barang kebutuhan menjelang Lebaran.


Pewarta: M. Hari Atmoko,Ahmad Wijaya, Sumarwoto, Penina Mayaut
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2013