Painan, Sumbar (ANTARA News) - Pemerintah pusat telah mengalokasikan dana Rp14 miliar untuk mengatasi abrasi pantai di Kampung Luhung, Kecamatan Bayang, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, pada tahun ini.

Kepala Dinas Sumber Daya Air (PSDA) Pesisir Selatan Yusdi Ali Umar di Painan Kamis mengatakan, Kampung Luhung merupakan salah satu daerah terparah terkena dampak abrasi pantai di kabupaten itu.

"Warga yang tinggal di kawasan pantai Luhung ini selalu dihantui bencana tersebut sejak dahulunya karena sejumlah rumah warga yang berada sekitar pantai sudah banyak mengalami kerusakan, bahkan ambruk akibat abrasi pada beberapa waktu lalu, " kata dia.

Dari dana tersebut pemerintah akan membuat "geobag" atau alat pemecah gelombang disepanjang pantai yang merupakan pantai sangat rawan abrasi di Luhung, Nagari (desa adat) Pasarbaru.

Pembangunan "geobag" akan dimulai secepatnya di pantai itu sepanjang 1,5 kilometer dan tinggi 1,5 meter. Geobag akan dibangun menjorok ke laut sehingga dapat memecah gelombang yang menghempas ke pantai.

Proses pembangunan geobag sekarang sedang memasuki tahap tender (lelang) pengerjaan.

Selain mengancam rumah penduduk, abrasi pantai itu juga hanya berjarak sekitar 40-50 meter dari jalan nasional lintas barat Sumatera.

Pewarta: Agung Pambudi
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013