Sekjen sekali lagi mendesak semua pihak untuk bertindak dengan maksimal untuk menahan diri...."
PBB, AS (ANTARA News) - Pemimpin Perserikatan Bangsa Bangsa Ban Ki-moon, Kamis, menyerukan kepada militer Mesir untuk membebaskan presiden digulingkan Mohammed Moursi dan para pemimpin Ikhwanul Muslimin.

Ban meminta Moursi dan pendukungnya "untuk dibebaskan atau kasus mereka ditinjau secara transparan tanpa penundaan," kata wakil juru bicara PBB Eduardo del Buey.

Moursi dan beberapa pemimpin Ikhwanul Muslimin telah ditahan sejak militer memecatnya dari kekuasaan pada 3 Juli dalam menanggapi protes besar-besaran yang menyeru untuk kejatuhannya.

Dengan ketegangan-ketegangan meningkat kembali di Mesir menjelang unjuk rasa saingan pengikut Moursi dan tentara pada Jumat, kata juru bicara Ban yang "mengikuti dengan ketat, dan dengan kekhawatiran, perkembangan di Mesir."

"Sekjen sekali lagi mendesak semua pihak untuk bertindak dengan maksimal untuk menahan diri. Ia mendukung hak-hak semua orang Mesir untuk mengadakan protes damai. Ia menyerukan kepada otoritas sementara untuk memastikan hukum dan ketertiban bersama dengan menjamin keselamatan dan keamanan semua orang Mesir."

Ban "memperbaharui seruannya untuk dialog nasional yang bermakna dan proses inklusif rekonsiliasi. Tujuannya harus untuk memetakan jalan damai menuju sepenuhnya kembali dikontrol sipil, tatanan konstitusional, dan pemerintahan yang demokratis," kata del Buey.
(H-AK)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013