antara tahun 2020 hingga 2030 Indonesia akan memperoleh jendela peluang dari besarnya kelompok usia muda.
Jakarta (ANTARA News) - Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Fasli Jalal mengatakan tren bonus demografi peningkatan penduduk usia muda yang besar hingga tahun 2030 bisa menjadi jendela peluang.

"Bisa menjadi jendela-jendela peluang jika dikelola dengan baik," kata Fasli Jalal di Jakarta, Jumat.

Fasli menjelaskan antara tahun 2020 hingga 2030 Indonesia akan memperoleh jendela peluang dari besarnya kelompok usia muda. Jendela peluang tersebut bisa menjadi kenyataan jika memenuhi beberapa syarat yakni pertama sumber daya manusia yang berkualitas dan yang kedua bisa terserap di pasar kerja.

Ketiga adanya tabungan rumah tangga dan yang keempat meningkatnya porsi perempuan dalam pasar kerja.

Keempat persyaratan tersebut, kata Fasli, harus terpenuhi agar peningkatan kelompok usia muda bisa menjadi peluang dan bukan menjadi ancaman bagi kelanjutan pembangunan.

Untuk bisa memenuhi persyaratan tersebut, kata dia, pemerintah melalui lintas sektor, terus melakukan berbagai upaya diantaranya membuat kebijakan unggulan di bidang pendidikan dan pembangunan kesehatan.

Selain itu, pemerintah juga membuat kebijakan tentang penyerapan tenaga kerja dan peningkatan tabungan. Ditambah lagi, pemerintah juga terus melakukan berbagai upaya terkait pemberdayaan perempuan dan pengarusutamaan gender.

Pewarta: Wuryanti Puspitasari
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013