Gunung Kidul (ANTARA News) - Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, memantau bus malam yang akan masuk Terminal Dagsinarga Wonosari selama arus mudik Lebaran 2013.

Kepala Seksi Angkutan Dishubkominfo Kabupaten Gunung Kidul Yohanes Nanang Putranto di Gunung Kidul, Senin, mengatakan petugas instansi tersebut akan ditempatkan di Bundaran Siyono selama arus mudik Lebaran untuk mengarahkan semua bus malam yang melintasi jalan lingkar utara agar masuk terminal setempat.

"Semua bus tanpa kecuali, termasuk bus `Maju Lancar` yang memiliki tempat singgah di Siyono," katanya.

Namun, pihaknya tidak bisa memaksakan penumpang yang ingin turun di luar terminal. Jarak terminal dengan rumah-rumah warga relatif jauh, sehingga Dishubkominfo mempersilakan penumpang turun di luar terminal.

"Kami tidak bisa memaksa penumpang harus masuk terminal," kata dia.

Warga terminal yang tergabung dalam Perserikatan Unit Kerja (PUK) Terminal Dhaksinaga berharap Dishubkominfo tegas dalam mengawasi bus malam Antar Kota Antar Propinsi (AKAP).

"Ini berkaitan dengan perekonomian warga, mulai dari angkot sampai tukang ojek," kata Ketua PUK Terminal Dhaksinaga Budiono.

Berdasarkan pengalaman Lebaran 2012, katanya, bus malam jarang masuk terminal sehingga memengaruhi pendapatan mereka.

"Lebaran 2012 hanya 1.500 orang masuk terminal, padahal warga yang mudik mencapai di atas 10 ribu orang," katanya.

Pihaknya sudah berkomunikasi dengan Dishubkominfo, agar masalah itu mendapatkan perhatian.

(KR-STR/M029)

Pewarta: Sutarmi
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013