Bandarlampung (ANTARA News) - Sedikitnya enam ruas Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) di Provinsi Lampung rawan macet selama arus mudik dan balik Lebaran tahun ini, kata Kerja Perencanaan dan Pengawasan Jalan Nasional (Satker P2JN) dan Dinas Bina Marga Provinsi Lampung.

Menurut Kepala Satker P2JN Provinsi Lampung, Marsudi, ruas Jalinsum yang rawan macet antara lain jalan Kota Bandarlampung-Terbanggi Besar di Kabupaten Lampung Tengah dengan titik kemacetan di Pasar Natar Lampung Selatan dan Pasar Bandarjaya Lampung Tengah.

Jalan Bujungtenuk-Simpang Pematang di Tulangbawang-Mesuji juga rawan macet dengan titik kemacetan berada di Pasar Unit II Tulangbawang.

Titik rawan macet juga ada di ruas Jalinsum dari Bandarlampung-Bakauheni Lampung Selatan, terutama kawasan sekitar tempat hiburan pantai Pasir Putih dan Pulau Pasir, serta pintu masuk dan keluar Pelabuhan Bakauheni.

Di Jalinsum lintas barat, titik rawan kemacetan ada di beberapa pasar yaitu Pasar Gadingrejo, Pasar Pringsewu, Pasar Talangpadang, dan Pasar Gisting.

Ruas Jalan Soekarno-Hatta di Bandarlampung dari Rajabasa-Panjang kemungkinan juga rawan macet, terutama di persimpangan sekitar dua ruas jalan layang di Wayhalim dan Kalibalok Sukarame karena sedang ada kegiatan pemadatan, pengecoran dan pengaspalan badan jalan.

Titik kemacetan lain ada di ruas Simpang Tegineneng-Simpang Tanjungkarang dekat jembatan Tegineneng karena ada pembagian jalur jalan dari empat menjadi dua jalur akibat belum selesainya kegiatan pelebaran jalan.


Pewarta: Budisantoso Budiman
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2013