Kapal itu datang ke Bakauheni dengan perjalanan 36 jam dan baru tiba hari ini
Bakauheni, Lampung (ANTARA News) - Satu unit kapal tunda atau tugboat disiagakan di Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, untuk mengantisipasi kemungkinan kapal feri mendapat masalah saat berlayar mengangkut pemudik Lebaran 2013.

Kepala Cabang PT Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry (Persero) Cabang Bakauheni, Yanus Lentang, di Bakauheni, Rabu, mengatakan kapal baru itu disiagakan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan yang dirakit di galangan Mariana Palembang.

"Kapal itu datang ke Bakauheni dengan perjalanan 36 jam dan baru tiba hari ini," ujar dia.

Ia mengatakan, tugboat itu didanai oleh Kemenhub dan asli rakitan dalam negeri serta sangat dibutuhkan di jalur pelayaran Bakauheni karena selama ini memang belum ada.

"Selama ini kita selalu menyewa tugboat milik swasta dengan adanya bantuan kapal ini bisa mengoptimalkan layanan," ujar dia.

Namun, ia belum dapat memastikan apakah kapal tunda itu akan lama di Bakauheni atau sementara waktu  selama mudik, namun diharapkan dapat disiagakan dalam waktu lama karena sangat dibutuhkan.

Sementara itu, spesifikasi kapal TB Merak memiliki kekuatan 1600X2 PK mesin ganda dengan peralatan lengkap seperti GPS, CCTV, Echosounder, dan pemadam api otomatis yang menyedot air laut. Sesuai peraturan internasional, kapal itu juga memiliki 10 awak termasuk nahkoda.

Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2013