Bondowoso (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono didampingi Ibu Ani Yudhoyono berbuka puasa bersama dengan masyarakat dan para pemimpin serta tokoh daerah Bondowoso di Pendopo Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, Rabu.

Acara buka bersama dilangsungkan seusai Presiden meninjau pabrik PT Mitra Dua Tujuh yang menghasilkan sejumlah produk pertanian dalam kemasan seperti edamame (kacang khas Jepang) di Desa Mangli, Kaliwates, Kabupaten Jember.

Buka bersama dengan masyarakat Bondowoso merupakan salah satau agenda safari Ramadhan hari kedua Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Jawa Timur.

Buka bersama diawali dengan pembacaan Al-Qur`an dan dilanjutkan dengan ceramah agama oleh dosen Pascasarajan STAIN Jember KH Abdullah Syamsul Arifin, tentang hubungan ulama dan umaro (pemimpin).

Dalam kesempatan tersebut Presiden minta umat Islam agar melaksanakan ajaran agama dengan baik, sesuai dengan firman Allah dan sunah Rasulullah Nabi Muhammad SAW.

Selain itu, Presiden Yudhoyono juga menyoroti kondisi Bondowoso. Setelah melihat langsung kondisi di Bondowoso, dirinya menilai perlu adanaya percepatan pembangunan di daerah tersebut. Untuk itu, dirinya akan memberikan prioritas usulan pembangunan untuk tahun depan kepada Bondowoso.

"Menurut pandangan saya harus ada percepatan di Bondowoso ini, para menteri kalau ada usul dari Bondowoso kalau sudah memenuhi syarat tolong dibantu," kata Presiden.

Sementara itu, buka bersama juga diikuti dengan Sholat Maghrib berjamaah.

Pewarta: Muhammad Arief Iskandar
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013