Jakarta (ANTARA News) - CEO Apple Inc Tim Cook pada Selasa pekan ini menemui pimpinan China Mobile Ltd, operator seluler terbesar dunia dalam jumlah pelanggan dan satu-satunya operator China yang tidak memasarkan iPhone dan iPad.

Pertemuan Cook dengan chairman China Mobile Xi Guohuo di Beijing itu untuk membicarakan mengenai kerja sama, menurut Reuters yang berdasarkan pernyataan China Mobile via email.

Pembicaraan bisa membuka jalan bagi tercapainya kesepakatan yang telah ditunggu-tunggu agar China Mobile mendistribusikan produk-produk Apple melalui jaringan luasnya, menguntungkan kedua perusahaan.

Pekan lalu Apple mengatakan penjualannya pada April-Juni di daratan China, termasuk Taiwan dan Hong Kong, merosot 43 persen dibanding kuartal sebelumnya.

Penjualan di China menyumbang 13 persen penjualan Apple pada kuartal itu, atau 5 miliar dolar, turun hampir 19 persen dibanding Januari-Maret.

Kurang dari seperlima pelanggan China Mobile sudah mengadopsi 3G, tertinggal dari China Unicom yang sudah 38 persen dan China Telecom Corp 50 persen, menurut data dari tiga operator tersebut.

Analis mengatakan China Mobile akan menyasar pengguna 3G jika kesepakatan untuk memasarkan iPhone Apple tercapai.

China Mobile diuntungkan juga dengan adopsi rendah 3G karena sekarang banyak pengguna ponsel beralih dari pesan SMS ke aplikasi-aplikasi data-reliant seperti WeChat, yang di China mempunyai lebih dari 300 juta pengguna.

Teknologi 3G China Mobile--TD-SCDMA--lebih rendah dibanding yang ditawarkan oleh China Unicom dan China Telecom, yang sudah berdasarkan standar 3G internasional.

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013