Wakaf ini merupakan upaya untuk mencerdaskan bangsa dalam sisi spritual,"
Jakarta (ANTARA News) - TNI AL bekerja sama dengan Asia Pulp and Paper (APP) akan mendistribusikan wakaf Al Quran ke berbagai lapisan masyarakat di sejumlah daerah perbatasan dan juga di 58 Pangkalan TNI AL.

"Wakaf ini merupakan upaya untuk mencerdaskan bangsa dalam sisi spritual," kataKepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Marsetio di Jakarta, Rabu.

Wakaf Al Quran dengan TNI AL pada tahun ini merupakan yang kedua kalinya setelah kerja sama serupa dilaksanakan tahun lalu.

Menurut Marsetio, melalui Al Quran dapat dipelajari budi pekerti yang merupakan salah satu sendi utama dalam membangun bangsa.

"Jadi saya berharap kerjasama ini dapat terus berlangsung di masa mendatang," katanya.

Direktur Corporate Affairs and Communication APP Suhendra Wiriadinata mengatakan APP memang telah berinisiatif untuk mengadakan wakaf Al Quran untuk membantu masyarakat yang membutuhkan.

Sebagai negara dengan penduduk Islam terbanyak di dunia, Indonesia memiliki kebutuhan kitab suci Al Quran yang sangat besar.

Kementerian Agama memperkirakan kebutuhan itu mencapai dua juta mushaf per tahun pada tahun 2011.

Namun, hingga kini pencetakan secara nasional baru bisa memenuhi sekitar 50 ribu hingga 60 ribu mushaf saja.

"Akses mendapatkan Al Quran tentu semakin sulit didapat oleh mereka yang tinggal di pedalaman dan daerah-daerah terpencil di perbatasan," katanya.

Dia menambahkan, dalam memproduksi Al Quran, APP selalu mengedepankan prinsip Islam mulai dari penyiapan naskah, pengadaan kertas hingga pencetakannya.

"Praktik wakaf ini juga menjadi bagian dari upaya kami dalam memperkokoh keseimbangan antara aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan," katanya.
(W004/M026)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013