Jakarta (Antara News) - Indonesia mengirim 104 atlet dari 14 cabang olahraga yang akan berlaga pada kejuaraan multievent empat tahunan Asian Youth Games (AYG) ke-2 2013 di Nanjing, China, 16-24 Agustus 2013.

 Kontingen Indonesia yang terdiri atas 59 atlet putra dan 47 atlet putri serta 48 ofisial dilepas oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo dan dikukuhkan oleh Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Rita Subowo, Kamis.

"Kami bangga dan senang bisa melepas 104 atlet muda potensial yang akan menjadi harapan Indonesia," kata Menpora, saat acara pelepasan di kantor KOI, di Jakarta, Kamis.

Indonesia membidik target satu medali perak dari bulu tangkis dan 11 medali perunggu dari atletik, renang, angkat besi, menembak, taekwondo, judo, panahan pada kejuaraan yang diikuti 45 negara itu.

Sebelumnya, pada AYG pertama di Singapura pada 2009, Indonesia hanya menempati peringkat 21 dari 43 negara dengan perolehan satu medali perunggu.

Meskipun target tidak muluk-muluk, Roy berharap atlet muda yang berusia sekitar 16 hingga 17 tahun ini bisa mempersembahkan yang terbaik.

"Meskipun target yang dipasang tidak terlalu besar, jangan pernah merasa kecil. Tidak ada yg tidak mungkin, tetap berusaha dapat yg terbaik," katanya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Umum Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima), Surya Dharma, berharap atlet Indonesia bisa menyumbang medali emas.

"Saya berharap bisa dapat emas, sepertinya ada peluang di angkat besi. Mereka sudah kaya dengan pengalaman. Judo juga potensi, kemarin di Asia dapat dua medali emas," ujar Surya.

Selain itu, kejuaraan AYG ini juga menjadi ajang untuk menghasilkan bibit-bibit potensial Indonesia ke depan.

"Ini menjadi embrio. Target kami memang tidak muluk-muluk, tetapi ini bisa menjadi kunci sukses untuk jenjang ke depan. Semoga saja ada kejutan dari atlet renang di jarak pendek," kata Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PP PRSI), Sandiaga S. Uno.

Kontingen Indonesia hanya berpartisipasi pada 14 cabang olahraga dari 16 cabang olahraga yang dipertandingkan. Antara lain: 1. Aquatik: loncat indah (4 atlet), dan renang (16), 2. Atletik (16), 3. Bulu Tangkis (4), 4. Bola Basket 3 on 3 (8), 5. Anggar (4), 6. Sepak Bola (18), 7. Golf (2), 8. Judo (6) 9. Menembak (8), 10. Squash (6), 11. Tenis Meja (4), 12. Tenis Lapangan (4), 13. Angkat Besi (6), dan 14. Taekwondo (2).