Saya kira dengan kondisi jalan yang beraspal itu tentu pemudik merasa nyaman juga dapat mengantisipasi kecelakaan lalu lintas.
Lebak (ANTARA News) - Ruas jalan di Kabupaten Lebak, Banten, siap dilintasi pemudik karena kondisinya sudah bagus dan beraspal hotmix melalui perbaikan yang dialokasikan oleh Anggaran Pendapatan Belanja Daerah.

"Kita tahun ini mendapat dana perbaikan jalan sebesar Rp10 miliar," kata Kepala Bidang Pemeliharaan Jalan dan Jembatan Dinas Bina Marga Kabupaten Lebak, Entoy Saepudin, di Rangkasbitung, Rabu.

Menurut dia, ruas jalan antarkecamatan di Kabupaten Lebak sudah baik sehingga bisa memperlancar arus mudik Lebaran. Pemerintah daerah menargetkan perbaikan jalan yang menghubungkan antarkecamatan itu pada H-7 Lebaran.

Perbaikan jalan tersebut selain memudahkan akses kelancaran lalu lintas guna menunjang perekonomian masyarakat juga kenyamanan bagi pemudik.

"Semua perbaikan jalan itu dikerjakan oleh tenaga khusus untuk menghasilkan kualitas yang bagus," katanya.

Menurut dia, jalan yang layak dilintasi pemudik Lebaran antara lain Cibadak--Cileles--Gunungkencana--Cijaku--Malingping sepanjang 75 kilometer.

Begitu pula jalan Sajira--Muncang--Sobang--Leuwidamar--Bojongmanik--Cimarga.

"Saya kira dengan kondisi jalan yang beraspal itu tentu pemudik merasa nyaman juga dapat mengantisipasi kecelakaan lalu lintas," katanya.

Ia mengatakan diperkirakan kondisi jalan antarkecamatan di Lebak kategori baik dan layak dilintasi berbagai jenis angkutan.

Ruas jalan baik itu, kata dia, tentunya dapat mendorong perekonomian masyarakat pedesaan, terlebih memudahkan pemasaran hasil pertanian dan perkebunan.

Saat ini, sebagian besar petani memasarkan hasil alam ke luar daerah seperti Rangkasbitung, Tangerang, dan Jakarta. Mereka membawa hasil alam seperti kelapa, pisang, gabah, karet, dan hasil perikanan.

Sebab ruas jalan antarkecamatan setiap hari ramai dilintasi angkutan selama 24 jam.

Camat Muncang Abdurohim mengaku selama ini aktivitas masyarakat menggeliat setelah perbaikan jalan antarkecamatan itu. Di samping itu kemungkinan arus mudik meningkat karena kondisi jalan baik.

"Saya yakin perbaikan jalan ini tentu berdampak positif terhadap kehidupan masyarakat," katanya.

Pewarta: Mansyur
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013