Pemudik yang menggunakan kendaraan memang semakin ramai sekarang, baik memakai sepeda motor maupun mobil.
Kalianda, Lampung Selatan (ANTARA News) - Pemudik yang menggunakan kendaraan yang tiba maupun berangkat dari Pelabuhan Penyebarangan Bakauheni di Lampung Selatan semakin padat lima hari menjelang (H-5) Lebaran 2013.

"Pemudik yang menggunakan kendaraan memang semakin ramai sekarang, baik memakai sepeda motor maupun mobil," kata salah satu petugas PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Bakauheni, Winanda, di Bakauheni, Sabtu.

Menurut dia, pemudik mulai ramai di pelabuhan laut itu karena sebagian karyawan telah libur, sehingga mulai melakukan perjalanan terutama pada hari ini sampai puncak arus mudik nanti yang diperkirakan dua hari ke depan.

"Mungkin puncak arus balik akan terjadi mulai H-3 Lebaran tahun ini," kata dia.

Ia menegaskan semua fasilitas bagi penumpang juga telah disiapkan PT ASDP Indonesia Ferry di Bakauheni, untuk mengantisipasi lonjakan penumpang di pelabuhan itu. ASDP juga telah menyiapkan tempat menginap bagi pemudik yang tiba di Merak dari Bakauheni pada malam hari.

Kondisi penumpang di Pelabuhan Bakauheni pada Sabtu dini hari menunjukkan pemudik berkendaraan mulai meningkat baik yang tiba maupun yang berangkat dari pelabuhan ini. Kedatangan sejumlah kendaraan roda dua dan roda empat sudah mencapai ratusan unit yang turun dari kapal feri atau berlayar di perairan Selat Sunda dari Pelabuhan Merak yang berasal dari Pulau Jawa untuk tujuan Sumatera.

Sementara keberangkatan penumpang dari Sumatera di Bakauheni menuju Merak Pulau Jawa jumlahnya juga lebih banyak, namun masih didominasi kendaraan pribadi dan bus umum penumpang.

Selain itu, Jalan Lintas Sumatera dari Pelabuhan Bakauheni menuju Kota Bandarlampung juga sudah mulai dipadati kendaraan pemudik yang melintas dari kedua arah.
(B014)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013