... Kantor saya kosong karena semua personil dikerahkan untuk membantu warga di lapangan... "
Ambon, Maluku (ANTARA News) - Panglima Kodam XVI/Pattimura, Mayor Jenderal TNI Eko Wiratmoko, memerintahkan personel-personelnya turut membantu warga membersihkan lokasi-lokasi banjir di Kota Ambon.

"Saya sudah perintahkan seluruh personil TNI untuk optimal membantu warga di berbagai kawasan membersihkan material bebatuan, endapan lumpur dan tanah yang memenuhi rumah dan kawasan pemukiman warga," kata Wiratmoko, di Ambon, Sabtu.

Dia berkeliling melihat langsung lokasi-lokasi banjir, yang dia katakan lebih parah dibanding peristiwa serupa pada 1 Agustus 2012.

"Hampir semua pemukiman terendam banjir. Bahkan ada kawasan tertentu yang ketinggian airnya mencapai lebih dari dua meter," katanya.

Dia mengakui pembersihan material sampah dan lumpur pada sejumlah pemukiman warga tidak bisa diselesaikan dalam sehari, karena materialnya sangat banyak, di samping ketebalan endapan lumpur dan sampah bisa merata diatas 50 sentimeter.

Dia menunjuk dua kawasan yang terdapat asrama dan perumahan personil TNI AD, di antaranya di Batu Merah Dalam dan Skip Dalam. Kedua lokasi ini juga sulit dibersihkan secara cepat. 

Satu kompi personel Kodam XVI/Pattimura telah dikerahkan sejak tiga hari lalu untuk membantu masyarakat setempat membersihkan lingkungan pemukiman mereka. 

"Satu kompi personil diterjunkan untuk membersikan dua kompleks perumahan dan kantor milik Kodam saja belum juga selesai. Kantor saya kosong karena semua personil dikerahkan untuk membantu warga di lapangan," ujar Wiratmoko.

Pewarta: Jimmy Ayal
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013