Barcelona (ANTARA News) - Perenang Belanda Ranomi Kromowidjojo menambahkan emas kejuaraan dunia renang pada emas Olimpiade London-nya setahun lalu, ketika Minggu waktu setempat memenangi final 50m gaya bebas putri pada kejuaraan dunia renang di Barcelona.

Kromowidjoyo mencatat waktu 24,05 detik, atau terpaut 0,09 detik dari perenang Australia Cate Campbell yang Jumat lalu menjuarai 100m gaya bebas putri, sedangkan Fran Halsall dari Inggris mendapat medali perunggu dengan catatan waktu terpaut 0,25 detik. Ini adalah medali pertama Inggris di kolam renang Palau Sant Jordi yang menjadi tempat kejuaraan dunia renang tersebut.

Setelah hanya puas dengan perunggu pada 100m gaya bebas, 50m gaya kupu-kupu, dan 4x100m gaya bebas estafet putri di Barcelona ini, Kromowidjojo yang berusia 22 tahun mengakui senang akhirnya bisa meraih emas.

"Pada sepanjang tahun, 50m-ku merasa lebih kuat dibandingkan pada 100m, jadinya saya merasa percaya diri masuk perlombaan," kata bintang Belanda yang menjuari Olimpiade London baik pada nomoer 50m maupn 100m  gaya bebas putri.

"Pandangan positif saya benar-benar membantu setelah (hanya mendapat perunggu gaya kupu-kupu) Sabtu.  Tahun depan saya akan berlatih banyak, karena dalam beberapa bulan lalu saya tak begitu banyak berlatih.

"Kompetisi ini adalah kedua terbaik saya setelah (Olimpiade) London.  Sebuah Olimpiade jauh lebih penting, namun medali emas perseorangan di kejuaraan dunia, ditambah dua perunggu nomor perseorangan adalah sungguh baik.

"Di Belanda, kami memiliki banyak bakat yang muncul sehingga saya berharap kami akan meningkat pada tahun-tahun mendatang," kata dia seperti dikutip AFP.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013