Barcelona (ANTARA News) - Bintang renang China Sun Yang menuntaskan nomor jarak jauh 1.500m gaya bebas putra untuk meraih medali emas kejuaraan dunia renang di Barcelona, Senin dini hari WIB tadi.

Setelah sepanjang pekan lalu sukses memenangi nomor 400 dan 800m gaya bebas putra, Sun (21), meraih emas ketiganya dengan mencatat waktu 14 menit 41,15 detik, disusul perenang Kanada Ryan Cochrane dengan terpaut 1,33 detik untuk mendapatkan perak, kemudian perenang Italia Gregorio Paltrinieri yang tertinggal 4,22 detik sehingga harus puas dengan perunggu.

"Normalnya pada Olimpiade saya punya waktu dua hari setelah 4x200m gaya ganti estafet sebelum berlomba di nomor 1.500m, sementara hari ini saya hanya punya waktu sehari sehingga sungguh saya kepayahan," kata Sun setelah dikalungi medali emas.

"Saya hanya berupaya meyakinkan diri untuk tetap menempel Cochrane sedekat mungkin karena saya tahu saya bisa lebih cepat pada 100m terakhir."

Juara Olimpiade di dua nomor ini telah memecahkan rekor pada nomor 1.500m baik pada Olimpiade tahun lalu maupun kejuaraan dunia 2011, namun mengakui tak berada dalam kondisi terbaik untuk menciptakan rekor.

"Ini luar biasa bagi saya dalam karir renang saya. Setelah Olimpiade saya menghadapi banyak masalah, tapi saya bangkit dan mempelajari banyak hal melalui proses ini.

"Latihan saya tidak begitu terstruktur dan itulah mengapa saya tak berada pada kondisi untuk menciptakan rekor dunia, namun saya senang sekali memenangi gelar kejuaraan dunia yang satunya lagi ini."

Sementara itu Cochrane yang menjadi salah satu pesaing paling serius Sun, menyebut perenang China ini memang bagus.

"Saya puas pada bagaimana saya menyelesaikan lomba dan saya kira saya bisa lebih cepat lagi," kata Cochrane seperti dikutip AFP.


Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013