... undangan yang hadir diperkirakan akan sama jumlahnya mengingat Idul Fitri jatuh pada musim panas walaupun di hari kerja... "
Jakarta (ANTARA News) - Kedutaan Besar Republik Indonesia di Den Haag, Belanda, akan menghadirkan suasana kampung Indonesia pada 8 Agustus mendatang dalam simakrama (open house) Lebaran 1434 Hijriah, di sana.

"Silaturahmi itu diselenggarakan di Wisma Duta, Wassenar," kata Sekretaris III Pensosbud KBRI di Den Haag, Dewi Avilia, dalam pernyataan, Senin.

Ingin menghadirkan Indonesia di negara penugasan, juga akan disuguhkan berbagai penganan dan menu masakan khas Tanah Air. Sebutlah opor ayam, lontong sayur, samba goreng ati, sate ayam atau sate kambing, berbagai jenis soto, rendang, hingga kue-kue tradisional lain. 

"Acara ini menjalin tali silaturahmi antara staf KBRI di Den Haag dengan masyarakat Indonesia termasuk para pemuka agama nonmuslim Indonesia di Belanda. Pula dengan masyarakat Belanda yang memiliki kedekatan dengan Indonesia," ujar Avilia.

Pada 2012, gelaran ramah-tamah Lebaran ini dihadiri sekitar 2.000 warga negara Indonesia di sana dan handai taulan, serta warga negara simpatisan Indonesia di sana. 

"Untuk tahun ini undangan yang hadir diperkirakan akan sama jumlahnya mengingat Idul Fitri jatuh pada musim panas walaupun di hari kerja," kata dia.

Saat ini warga negara Indonesia di Belanda yang tercatat di KBRI di Den Haag sekitar 16.088 orang.

Sejumlah budaya dan kuliner khas Indonesia telah banyak dikenal masyarakat Belanda, tidak hanya karena kedua negara memiliki sejarah yang cukup panjang, tapi juga lewat beberapa kegiatan yang diselenggarakan KBRI di Den Haag.

Kerja sama bisnis dengan Belanda juga cukup baik. Data Badan Koordinasi Penanaman Modal, Belanda termasuk lima besar negara yang merealisasikan investasinya di Indonesia dengan nilai sebesarUS$ 200 juta pada kuartal ke empat 2011. 

Di bidang pariwisata Belanda juga merupakan negara penyumbang wisatawan cukup besar, sekitar 160.000 wisatawan setiap tahun.

Pewarta: Libertina Ambari
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013