Santiago (ANTARA News) - Pengadilan Chile pada Senin (5/8) memutuskan tidak menjatuhkan dakwaan apapun kepada keluarga mendiang diktator Augusto Pinochet setelah penyelidikan panjang tentang asal kekayaan sang jenderal dan dugaan penggelapan dana publik yang dia lakukan.

Namun hakim menuntut enam mantan anggota militer yang telah bekerja sama dengan Pinochet dalam apa yang disebut sebagai kasus Riggs, demikian seperti dilansir Reuters.

Pada 2005 Pinochet didakwa melakukan penggelapan pajak terkait dengan dana jutaan dolar AS yang dia simpan dalam rekening bank asing, yang terungkap setelah penyelidikan Senat Amerika Serikat pada penyimpangan perbankan di Bank Riggs di Washington yang sekarang sudah tidak beroperasi lagi.

Hakim Chile, Manuel Antonio Valderrama, memutuskan untuk tidak menuntut janda Pinochet, Lucia Hiriart, dan anak-anaknya terkait kasus itu. 

Dia mengatakan banding terhadap keputusan itu dapat diajukan dalam waktu 15 hari.

Pinochet, yang mengambil alih kekuasaan melalui kudeta militer tahun 1973, meninggal dunia tahun 2006 pada usia 91 tahun. 

Dia tidak menjalani persidangan penuh atas kejahatan yang dilakukan selama periode kediktatorannya pada 1973-1990, ketika sekitar 3.000 orang diculik dan dibunuh serta 28 ribu yang lain disiksa.

Audit yang dilakukan oleh Fakultas Bisnis dan Ekonomi Universitas Chile pada tahun 2010 memperkirakan bahwa Pinochet telah mengakumulasi kekayaan senilai 21 juta dolar sebelum kematiannya, sekitar 17 juta dolar tidak diketahui asal muasalnya.

Keenam mantan anggota militer yang dituduh terlibat dalam kasus itu terancam hukuman lima hingga 10 tahun penjara jika terbukti bersalah.

Penerjemah: GNC Aryani

Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2013