Kamis, 31 Juli 2014

Konvensi Demokrat harapkan calon dari militer

Kamis, 8 Agustus 2013 21:04 WIB | 3.445 Views
Konvensi Demokrat harapkan calon dari militer
Roy Suryo. (ANTARA/Ismar Patrizki)
Jakarta (ANTARA News) - Anggota Dewan Pembina Partai Demokrat, Roy Suryo, mengharapkan ada lagi calon peserta konvensi partainya dari kalangan militer karena saat ini dinilai masih diperlukan tokoh-tokoh yang memiliki ketegasan.

"Saya berharap banyak tokoh nasional yang akan ikut konvensi. Dari kalangan sipil sudah banyak nama yang beredar, tapi dari kalangan militer saya nilai masih kurang," kata Roy, yang juga Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), di Jakarta, Kamis.

Selama ini, kata dia, sudah ada nama dari kalangan militer yang berkembang yang disebut-sebut akan mengikuti konvensi Partai Demokrat , yakni mantan Kepala Staf TNI AD (Kasad) Jenderal (Purn) Pramono Edhie Wibowo.

Namun, kata dia, tidak menuntup kemungkinan ada beberapa mantan petinggi militer lagi yang layak untuk mengikuti konvensi. Bahkan, ia menyebut nama mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Endriartono Sutarto.

"Ini pendapat pribadi saya. Saya kira Pak Tarto cocok untuk diundang pada konvensi nanti," katanya di sela-sela acara silaturahim terbuka di Kompleks Widya Candra Jakarta.

Saat ditanya pers, apakah tidak ada kendala jika mantan Panglima TNI itu ikut dalam konvensi Partai Demokrat karena masih tercatat sebagai anggota partai lain, Roy Suryo lantas menegaskan jika peserta konvensi harus menjadi anggota Partai Demokrat.

"Ini adalah salah satu loyalitas. Bahkan, sebelum konvensi semua calon harus menandatangani pakta integritas. Yang jelas, siapa yang menang akan menjadi calon dari Demokrat, tapi belum tentu jadi presiden," katanya.

Roy mengemukakan, alasan kenapa sang pemenang konvensi belum pasti menjadi calon presiden karena untuk mengusung seorang calon harus memenuhi 20 persen dari keterwakilan di parlemen (parliamentary threshold).

"Kita realitis saja. Permasalahan yang ada memang mempengaruhi kondisi partai. Tapi, pelan pasti terus mengalami peningkatan," katanya.

Sementara itu untuk calon peserta konvensi yang berasal dari kalangan sipil mulai banyak bermunculan. Sebut saja ada nama Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Irman Gusman, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD, serta Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan.

"Ada juga nama Pak Gita Wirjawan. Untuk dari internal partai ada nama Pak Marzuki Alie. Yang jelas, Partai Demokrat mencari sosok yang diinginkan masyarakat," kata Roy.

Demi transparansi, Partai Demokrat membentuk tim tersendiri untuk menggelar konvensi. Bahkan, melibatkan pihak luar partai, diantaranya melibatkan mantan Menteri Agama, Maftuh Basyuni.

Editor: Priyambodo RH

COPYRIGHT © 2013

Komentar Pembaca
Baca Juga