Sejak sabtu kemarin arus balik di jalur selatan cukup tinggi, kami antisipasi puncaknya pada Minggu petang dan malam ini.
Bandung (ANTARA News) - Arus balik lebaran di jalur selatan Jawa Barat menuju puncak pada Minggu (11/8) sore dan malam ini.

"Sejak sabtu kemarin arus balik di jalur selatan cukup tinggi, kami antisipasi puncaknya pada Minggu petang dan malam ini," kata Kapolres Bandung, AKBP Kemas A Yamin, di Bandung, Minggu.

Menurut Kapolres polisi siaga penuh di jalur Nagreg yang terjadi kepadatan arus lalu lintas sejak Sabtu sore sehingga dilakukan rekayasa jalur.

"Arus lalu lintas dari arah barat masih cukup deras ke kawasan wisata ke Priangan, hal sama juga arus balik terus meningkat dari arah Tasikmalaya maupun Garut," katanya.

Antrian kendaraan di jalur selatan terjadi sejak Rajapolah hingga Gentong, Malangbong, Limbangan dan Nagreg. Selain itu kepadatan juga terjadi di pintu tol Cileunyi.

"Sistem tutup buka diefektifkan di jalur selatan, meski dalam kasus di kawasan Nagreg sistem satu arah itu terkadang tidak efektif karena derasnya arus lalu lintas di persimpangan ke jalur Garut," katanya.

Pintu masuk jalur Lingkar Nagreg di kawasan Cikaledong menjadi salah satu titik konsentrasi pengamanan jalur dimana kawasan itu terdapat pertemuan dengan jalur ke arah Garut yang juga masih padat.

Sedangkan untuk mengurangi kepadatan di jalur Lingkar Nagreg dilakukan pengamanan, dimana petugas meminimalisasi jumlah kendaraan yang berhenti di warung-warung di jalur itu untuk menghindari banyaknya keluar masuk kendaraan yang bisa menghambat arus lalu lintas.

Arus lalu lintas balik lebaran mendominasi baik kendaraan roda dua, roda empat maupun bus. Rata-rata mereka melaju dengan kecepatan sedang dan terkadang berhenti karena terjadi kemacetan di jalur itu.

Pewarta: Syarif Abdullah
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013