pedagang kambing akan dipindahkan ke Pasar Inpres Sabeni di daerah Kebon Kacang, Jakarta Pusat. Sedangkan PKL yang biasa berjualan di sepanjang trotoar akan dipindahkan ke lantai 2 dan 3 Pasar Tanah Abang Blok G.
Jakarta (ANTARA News) - Ratusan pedagang kaki lima (PKL) di sepanjang trotoar Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, hari ini resmi digusur.

Berdasarkan pantauan Antara News, Minggu siang, penggusuran oleh ratusan petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) rampung sekitar 12.00 siang. Puing-puing bangunan permanen dan papan kayu memenuhi bahu jalan sekitar Pasar Tanah Abang.

Tak hanya PKL, sejumlah pedagang kambing di belakang Pasar Tanah Abang Blok G juga digusur.

Salah satu pedagang kambing, Rusli Syam Ali (64), mengaku saat ini hanya kandang kambing yang digusur. Sementara rumah potong hewan masih ada dan difungsikan sebagaimana mestinya.

"Baru sebagian yang digusur, itu juga hanya kandangnya saja, bertahap, karena belum ada tempat penggantinya," katanya.

Menurut Rusli, para pedagang kambing akan dipindahkan ke Pasar Inpres Sabeni di daerah Kebon Kacang, Jakarta Pusat. Sedangkan PKL yang biasa berjualan di sepanjang trotoar akan dipindahkan ke lantai 2 dan 3 Pasar Tanah Abang Blok G.

Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Abraham Lunggana yang turut hadir dalam penggusuran mengapresiasi Gubernur DKI Joko Widodo atas perhatiannya kepada PKL Tanah Abang.

"Pada dasarnya demi ketertiban pedagang mau direlokasi, hanya saja waktunya setelah Lebaran. Jadi sudah tidak ada lagi persoalan PKL di Tanah Abang ini," kata pria yang kerap disapa Haji Lulung itu.

Pewarta: Ade Irma Junida
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013