Selasa, 23 Desember 2014

ISSF terus pantau persiapan ISG di Palembang

| 2.702 Views
id isg palembang, islamic solidarity games, issf, roy suryo, menpora
ISSF terus pantau persiapan ISG di Palembang
Sejumlah anggota Delegasi Islamic Solidarity Sport Federation bersama Ketua KONI Sumsel Muddai Madang meninjau arena atletik di kompleks olahraga Jakabaring Palembang Sumsel, Kamis (1/8). (ANTARA FOTO/Feny Selly)
Lokasi pertandingan sudah tidak ada masalah. Tidak sampai membangun baru. Hanya penambahan fasilitas saja
Jakarta (ANTARA News) - The Islamic Solidarity Games Federation (ISSF) terus melakukan memantau persiapan pelaksanaan gelaran pesta olahraga negara-negara Islam atau Islamic Solidarity Games (ISG) 2013 di Pelambang, Sumatra Selatan, 22 September - 1 Oktober.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Roy Suryo di Jakarta, Senin, mengatakan, ISSF telah mengirimkan dua orang wakilnya ke Indonesia, yang merupakan bentuk keseriusan lembaga yang bermarkas di Jeddah itu untuk kesiapan Palembang sebagai tuan rumah.

"Mereka sudah di sana (Palembang) sejak beberapa waktu lalu guna melihat langsung persiapan yang dilakukan. Yang jelas progres ISG sudah bagus," katanya di sela Halal Bi Halal di Kantor Kemenpora Jakarta.

Menurut dia, dengan turunnya Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 23/2013 yang merupakan pengganti Keppres 15/2012, persiapan ISSG pun dikebut termasuk menyiapkan lokasi pertandingan maupun pendukungnya.

Khusus untuk lokasi pertandingan, ujar Menpora, sudah tidak dipermasalahkan lagi karena Palembang sudah memiliki Kompleks Jaka Baring Sport City yang didalamnya terdapat banyak lokasi pertandingan.

Selain menyiapkan Kompleks Jaka Baring Sport City, pihak panitia juga menyiapkan beberapa lokasi pertandingan yang berada diluar kompleks, namun lokasinya tidak jauh dari tempat yang sebelumnya digunakan untuk SEA Games 2011.

Roy Suryo menuturkan, khusus untuk penambahan fasilitas dan akomodasi saat ini masih dalam proses.

"Ada penunjukan langsung ada pula yang tender. Jika melihat waktu yang ada kemungkinan tender tidak bisa dilakukan. Namun akan ada formula lain akan digunakan. Kami terus melakukan koordinasi dengan pihak terkait," katanya menejaskan.

Sementara itu, pemerintah Sumatera Selatan, menurut Roy, juga memaksimalkan upaya untuk menyukseskan pelaksanaan pesta olahraga negara-negara Islam yang ke tiga ini.

"Pak Alex Noerdin sangat serius mempersiapkan ini berikut dengan keterbatasan yang ada," katanya.

Negara yang akan berperan serta dalam IGS ini kurang lebih 38 negara. Pada pesta olahraga ini akan dipertandingkan 13 cabang olahraga di antaranya adalah renang, atletik, panahan, bola voli, wushu, taekwondo, sepak bola dan bulutangkis.



Editor: Heppy Ratna

COPYRIGHT © ANTARA 2013

Komentar Pembaca
Baca Juga