Kami mengharapkan sodetan Ciliwung--KBT (KBT) dapat direalisasikan akhir tahun.
Jakarta (ANTARA News) - Pembangunan infrastruktur sodetan yang akan menghubungkan antara kali Ciliwung dan Kanal Banjir Timur (KBT) diharapkan dapat segera terealisasikan pada tahun 2013 sebagai upaya untuk mengurangi banjir di wilayah DKI Jakarta.

"Kami mengharapkan sodetan Ciliwung--KBT dapat direalisasikan akhir tahun," kata Wakil Menteri Pekerjaan Umum (PU) Hermanto Dardak, di Jakarta, Rabu.

Menurut Hermanto Dardak, proses prakonstruksi sodetan Ciliwung--KBT yang merupakan bagian dari program penanggulangan banjir di ibukota pada saat ini sedang berjalan.

Ia memaparkan, terdapat kemungkinan dua jenis sodetan yang akan direalisasikan yaitu sodetan terbuka yang akan dimulai dari Cipinang, Jakarta Timur, dan sodetan tertutup dengan menggunakan pipa yang dimulai dari Bidaracina, Jaktim.

Wamen PU juga mengemukakan, saat ini juga telah dilakukan pengerukan beragam aliran sungai atau kali di Jakarta sebagai upaya untuk meningkatkan kapasitas.

Proses pengerukan, ujar dia, dilaksanakan antara lain di sejumlah titik antara lain di Pesanggrahan dan Angke. "Pengerukan dilakukan tahun ini," katanya.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PU Mohammad Hasan mengatakan, perubahan alokasi anggaran untuk pembuatan sodetan Ciliwung--Kanal Banjir Timur (KBT) tidak akan merubah fungsi dari infrastruktur tersebut.

"Fungsinya tidak akan berubah atau berkurang, perubahan angka itu lebih karena adanya perubahan metodologi," kata Hasan, Senin (12/8).

Hasan menjelaskan, pihaknya pada awalnya merencanakan menggunakan metode "cut and fill" dengan estimasi dana yang dibutuhkan sekitar Rp550 miliar.

Namun, ujar dia, penerapan metode tersebut dinilai akan mengganggu kelancaran lalu lintas sehingga dirombak ulang rencana pembangunan, kali ini dengan metode "tunneling" (pengeboran).

"Setelah kita pertimbangkan dan tajamkan beberapa aspek, kami menetapkan Rp560 miliar untuk pembangunan dengan metode tunnelling," katanya.

Ia mengungkapkan, saat ini pembuatan sodetan masih dalam proses tender yang akan diumumkan hasilnya pada September dan konstruksi akan dimulai Oktober.

Pewarta: Muhammad Razi Rahman
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013