Rabu, 30 Juli 2014

Rupiah melemah 20 poin

Kamis, 15 Agustus 2013 09:40 WIB | 1.809 Views
Rupiah melemah 20 poin
dolar AS (ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma)
Jakarta (ANTARA News) - Mata uang rupiah pada Kamis pagi bergerak melemah 20 poin merespon cadangan devisa Indonesia yang mengalami penurunan pada bulan Juli.

Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Kamis pagi bergerak melemah sebesar 20 poin menjadi Rp10.310 dibanding sebelumnya di posisi Rp10.290 per dolar AS.

"Rupiah bergerak melemah terhadap dolar AS merespons cadangan devisa yang turun," kata Ekonom Samuel Sekuritas, Lana Soelistianingsih di Jakarta, Kamis.

Ia menambahkan posisi cadangan devisa pada bulan Juli turun drastis, dari posisi 98,1 miliar dolar AS pada Juni menjadi 92,7 miliar dolar AS pada Juli.

"Menurunnya posisi cadangan devisa itu membuat kebutuhan aliran modal masuk dalam bentuk portofolio menjadi sangat diperlukan," katanya.

Ia memproyeksikan pergerakan nilai tukar rupiah pada Kamis ini bergerak di kisaran Rp10.310--Rp10.350 per dolar AS.

Kepala Riset Trust Securities, Reza Priyambada menambahkan rupiah belum beranjak dari area negatif merah seiring ekspektasi akan tetapnya level BI Rate yang akan diumumkan pada Kamis ini.

"Pelaku pasar menilai jika BI tidak meningkatkan level BI rate maka pelemahan rupiah akan tetap tertekan karena tidak adanya daya tarik dalam memegang rupiah," katanya.

Di sisi lain, lanjut dia, pelemahan nilai tukar domestik juga dipicu oleh penurunan yen Jepang terhadap dolar AS setelah rilis pertumbuhan penjualan ritel AS yang positif sehingga meningkatkan ekspektasi pengurangan stimulus The Fed.

"Adanya pelemahan dari mata uang won Korea, dolar Australia, dan rupee India turut berimbas negatif pada laju rupiah," katanya.



Editor: AA Ariwibowo

COPYRIGHT © 2013

Komentar Pembaca
Baca Juga