Negara (ANTARA News) - Arus balik ke Pulau Bali lewat Pelabuhan Gilimanuk, Kabupaten Jembrana, semakin ramai pada Rabu (14/8) hingga Kamis, yang oleh pihak kepolisian diprediksi sebagai puncaknya.

"Kalau melihat grafik dari H+1, hari ini kemungkinan sebagai puncak arus balik. Tapi, tetap antisipasi jika ada lonjakan arus balik setelah hari ini," kata Kasubag Humas Polres Jembrana, AKP Wayan Setiajaya yang terus memantau arus balik, Kamis.

Pada hari Rabu hingga Kamis, arus balik dari Pelabuhan Ketapang menuju Pelabuhan Gilimanuk mencapai 44.329 orang penumpang, 8.830 kendaraan roda dua dan 5.078 kendaraan roda empat.

Jika ditotal mulai H+1, jumlah penumpang arus balik yang lewat Pelabuhan Gilimanuk mencapai 205.708 orang, kendaraan roda dua 34.629 unit, dan kendaraan roda empat 24.015 unit.

"Pantauan kami di Pelabuhan Gilimanuk maupun jalan raya Denpasar-Gilimanuk yang masuk wilayah Kabupaten Jembrana, kendaraan arus balik padat tapi berjalan lancar," ujar Setiajaya.

Sementara untuk pengerahan personel kepolisian dalam rangka Operasi Ketupat 2013, ia mengatakan, akan ditarik hari Sabtu (17/8), karena diperkirakan arus kendaraan sudah normal kembali.

Sementara Manajer Usaha PT ASDP Indonesia Ferry Gilimanuk, Wahyudi Susianto mengatakan, untuk mengangkut arus balik yang semakin padat, pihaknya mengoperasikan 28 armada kapal di Selat Bali.

Pewarta: Gembong Ismadi
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013