Jakarta (ANTARA News) - Sekitar 400 warga negara Indonesia di Rusia serta tamu undangan menghadiri upacara peringatan HUT RI ke 68 di KBRI Moskow. Pagi ini, upacara pengibaran bendera dilakukan oleh Pasukan Paskibra yang terdiri dari putra-putri staf KBRI. Untuk memeriahkan dirgahayu RI, KBRI Moskow pun menyelenggarakan Festival Indonesia untuk pertama kalinya.

Duta Besar RI Moskow yang bertindak sebagai Inspektur Upacara, Djauhari Oratmangun menyampaikan pidato bertema "Mari kita jaga stabilitas politik dan pertumbuhan ekonomi kita guna meningkatkan kesejahteraan rakyat".

Dia mengemukakan, stabilitas politik harus senantiasa dipertahankan karena ketidakstabilan hanya akan merugikan rakyat.

Meski dari segi pertumbuhan ekonomi Indonesia negara besar yang menjadi anggota Kelompok 20 (G-20), namun banyak yang masih bisa diperbaiki.

"Pertumbuhan ekonomi harus selalu ditingkatkan karena berkaitan erat dengan kesejahteraan rakyat," seperti tertulis dalam siaran pers dari KBRI Moskow pada Antara News.


Duta Besar RI juga mengajak seluruh masyarakat Indonesia di Rusia untuk menjadi duta bangsa yang selalu mewakili negaranya dengan baik dan memberikan kontribusinya terhadap bangsa dan negara Indonesia, baik itu melalui belajar maupun bekerja dengan giat.

Setelah itu, KBRI Moskow melantik Maria V. Chuprina sebagai Konsul Kehormatan RI baru untuk kota Vladivostok dan perpanjangan masa tugas Valery A. Radchenko sebagai Konsul Kehormatan RI untuk St. Petersburg.


Acara dilanjutkan dengan penganugerahan Satyalancana Karya Satya kepada staf KBRI yang telah mengabdi kepada Kementerian Luar Negeri RI selama 10, 20 dan 30 tahun. Penerima anugerah tersebut termasuk Duta Besar RI dan Wakeppri Moskow.

Di akhir upacara, diadakan sosialisasi singkat untuk memberikan informasi kepada hadirin mengenai pelaksanaan Pemilu Legislatif tahun 2014, termasuk pendaftaran dan tanggal pelaksanaan.



Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2013