Jika sampai batas waktu tetap tidak ada kepastian, maka panitia pelaksana menyatakan mengundurkan diri."
Palembang (ANTARA News) - Sebanyak 31 negara telah memastikan keikutsertaan pada Islamic Solidarity Games ke III di Palembang, 22 September-1 Oktober 2013, setelah panitia menerima surat pendaftaran ulang secara online.

"Sebanyak 31 negara sudah mengkonfirmasi ulang ke panitia perihal keikutsertaannya, sedangkan tujuh negara lagi masih ditunggu karena sejauh ini baru sebatas pernyataan lisan," kata Ketua Deputi I Panitia Pelaksana Islamic Solidarity Games (ISG), Joko Pramono, seusai menggelar rapat bersama anggota Islamic Solidarity Sports Federation (ISSF) dan Supervision and Coordination Committee di Palembang, Senin.

Rapat itu dihadiri perwakilan ISSF, Abby Mubiru (Chairman supervision and coordination), Saeed Hussein Abdul Ghaffar (Member SCC), dan Lanny Galikuwa Kimbowa (ISSF Secretariat Support Team).

Ia mengemukakan, ketujuh negara yang belum memberikan kepastian akan diberikan kesempatan hingga akhir Agustus 2013.

"Dari tujuh negara itu ada Malaysia. Jika sampai batas waktu tetap tidak ada kepastian, maka panitia pelaksana menyatakan mengundurkan diri," katanya.

Terkait dengan negara-negara yang saat ini sedang mengalami konflik dalam negeri, seperti Mesir, Irak, dan Suriah, menurut dia, bakal mendapatkan perhatian khusus dari panitia penyelenggara.

"Patut juga diapresiasi, meskipun sedang bermasalah tetapi negara seperti Mesir tetap mau ikut serta dalam ajang ISG. Panitia berkeyakinan bahwa tidak akan bermasalah saat pelaksanaan karena para atlet pada dasarnya memiliki jiwa sportif saat di lapangan," katanya.

Sementara itu, Sekretaris Umum KONI Provinsi Sumatera Selatan, Maryama Bustam, mengemukakan bahwa pihaknya masih menunggu kepastian jumlah negara peserta ISG yang hingga kini belum final.

Menurut dia, data mengenai jumlah peserta itu sangat dibutuhkan untuk menyiapkan berbagai keperluan.

"Panitia mengambil sisi positifnya saja yakni dapat memanfaatkan waktu tersisa ini untuk mempersiapkan diri agar benar-benar maksimal," ujarnya.

Sekira 3.000 atlet dan ofisial akan ambil bagian pada ISG edisi ke-3 yang mempertandingkan 13 cabang olahraga.

Panitia mengumumkan bahwa 26 negara yang akan ambil bagian adalah Brunai Darussalam, Indonesia, Malaysia, Pakistan, Tajikistan, Turmekistan, Algeria, Burkina Faso, Maladewa, Maroko, Sudan, Uganda, Mesir, Iran, Iraq, Kuwait, Libya, Oman, Palestina, Qatar, Saudi Arabia, Syria, Uni Emirat Arab, Azerbaijan, Turki, dan Guyana.

Pewarta: Dolly Rosana
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2013