Senin, 24 November 2014

Prediksi Fenerbahce vs Arsenal

| 6.282 Views
id arsenal fc, arsene wenger, aston villa, fenerbahce, ersun yanal, arsenal versus fenerbahce
Prediksi Fenerbahce vs Arsenal
Pelatih Arsenal asal Perancis Arsene Wenger. Sebagai manajer sarat pengalaman, Wenger akan memaksimalkan penampilan Giroud agar serbuan Arsenal bertubi-tubi dan berbuah gol. (FOTO.ANTARA/AFP PHOTO / GIUSEPPE CACACE)
Sederet pemain yang masih mengalami cedera bakal menjadi momok bagi kubu The Gunners. Apakah Wenger masih mampu berbicara lantang tanpa bermodal sejumlah pemain senior berpengalaman menghadapi Fenerbahce?
Istanbul (ANTARA News) - Ahli strategi perang asal China, Sun Tzu berkata, siapa yang dapat mengubah taktiknya sesuai dengan keadaan lawan, dan ia meraih kemenangan, maka ia layak disebut pemimpin dari surga. Taklimat itu kini secara aktual dihadapi manajer Arsenal FC, Arsene Wenger.

Wenger bakal menjadi "pemimpin dari surga"? Batu ujiannya, The Gunners ditantang berduel oleh Fenerbahce dalam laga pertama babak play off Liga Champions musim 2013-2014 yang digelar di Stadion Sukru Saracoglu, Istanbul, pada Kamis dinihari WIB, pukul 01.45. Pertandingan itu akan disiarkan oleh sebuah stasiun televisi swasta nasional.

Arsenal FC berkubang nestapa. Kalah 1-3 melawan Aston Villa di ajang Liga Inggris (Premier League) pada Sabrtu pekan lalu dan terkesan adem ayem ketika merespons pembelian pemain anyar, kontan membuat Gooners atau para pecinta setia Arsenal, merasa "masa depan suram" alias madesu.

Wenger melaju ke Istanbul berbekal cita-cita sarat optimisme. Hanya saja, manajer asal Prancis itu tidak bisa menjilat ludahnya sendiri. Ia pernah berkata, "kami akan lebih aktif " di pasar transfer pemain, meski kenyataannya jauh panggang dari api.

Pelatih berjuluk "The Profesor" itu hanya membeli striker berusia 20 tahun, Yaya Sanogo dari klub Prancis, AJ Auxerre dengan status bebas transfer.

Yang telak, Wenger tidak tertarik bahkan tidak berjuang mendapatkan sederet pemain beken, misalnya Robin van Persie, Alex Song dan Cesc Fàbregas. Sementara, Arsenal punya momentum dengan kondisi gelandang Wilshere yang siap tarung. Sebelumnya, ia mengalami cedera.

Di mata Wenger, kondisi Arsenal belum seratus persen pulih benar. "Arsenal bercita-cita memenangi setiap pertandingan dengan merebut banyal trofi dan banyak gelar. Kami tahu akan apa yang harus dilakukan. Kami tidak ingin lagi berjuang dengan hanya memperoleh peringkat keempat. Kami ingin menyamai Chelsea, Manchester City, dan Manchester United," katanya.

Kalau Wenger berkutat dengan seribu satu masalah, maka manajer Fenerbahce, Ersun Yanal berkacak pinggang jelang berduel dengan Arsenal.

Di mata Yanal, Arsenal perlu dihadapi dengan kekuatan fisik dan mental luar biasa. "Tekanan memang ada. Saya percaya penuh kepada para pemain. Dan saya berpikir bahwa kami mampu melewati babak pertama ini dengan meraih kemenangan. Tentu saja dengan kerja keras," katanya.

Bek Fenerbahce, Hasan Ali Kaldirim mengatakan, Arsenal kini sedang dirundung masalah. Klubnya tidak sekali pun gentar melawan klub dari Liga Inggris itu.

Pemain berusia 23 tahun itu berkata di saluran televisi Turki, FBTV, "Arsenal tampil sebagai salah satu klub terkuat di dunia. Mereka dihuni sejumlah pemain hebat, utamanya ketika mereka memainkan gaya sepak bola menyerang."

Ia mensinyalir bahwa pasukan asuhan Wenger punya kelemahan di lini pertahanan. "Mereka bukan tim yang baik dalam menjalin pertahanan, meski mereka mampu bermain dengan tempo tinggi dan mengandalkan umpan-umpan akurat. Pertandingan ini bakal berlangsung seru, dan kami berusaha percaya diri," katanya juga.

Punggawa Fenerbahce tidak perlu lebih dulu berada di atas angin. Arsenal bukan tim kacangan. Musim lalu, mereka berjuang untuk mendapatkan jatah agar melaju ke babak play-off, salah satunya dengan mengukir raihan tak terkalahkan dalam 10 laga terakhir.

Arsenal bersiap diri berduel di Istanbul. Dua bek yakni Bacary Sagna dan Kieran Gibbs sudah ikut berlatih pada Selasa (20/8). Keduanya menderita cedera ketika melawan Villa.

Tomas Rosicky, Aaron Ramsey, Nicho Monreal, kini siap diboyong ke Turki. Praktis, hanya Alex Oxlade-Chamberlain dipastikan absen lawan Fenerbahce. Ia menyusul masuk dalam barisan pemain cedera: Thomas Vermaelen, Abou Diaby, dan Mikel Arteta.

Opini dua pengamat bola:

Jeremy Wilson (The Telegraph):
"Atmosfer stadion Sukru Saracoglu bakal mempengaruhi penampilan pasukan Wenger. Tidak mudah menundukkan tim tuan rumah."

"Tak dapat dipungkiri bahwa kini Arsenal seakan menghadapi dirinya sendiri. Hampir seluruh suporter Arsenal geram dengan reaksi lamban dalam aktivitas transfer pemain, sederet pemain yang masih dibekap cedera. Masalah-masalah itu jelas mempengaruhi penampilan tim."        
 
"Kubu Fenerbahce bukan tanpa hadangan masalah. Klub itu menghadapi ancaman hukuman berat dari UEFA terkait kasus skandal pengaturan skor di kompetisi domestik pada musim 2010-2011, meskipun UUFA membekukan sanksi itu untuk sementara waktu."

Andy Brassell (Daily Mirror Football):
"Laga melawan Arsenal ini dipandang oleh Fenerbahceh sebagai pertandingan mencari untuk menemukan 'keadilan'. Ancaman hukuman dari UEFA bakal menjadi semangat ekstra untuk bertarung mengalahkan Arsenal.

"Seluruh punggawa Fenerbahce terus berjuang menghapus nama buruk masa lalu dengan tampil di Liga Champions. Mereka termotivasi, dengan begitu siap berduel melawan Arsenal."

Siapa melawan siapa?

* Para pemain Arsenal kini melawan diri mereka sendiri. Sederet pemain yang masih mengalami cedera bakal menjadi momok bagi kubu The Gunners. Apakah Wenger masih mampu berbicara lantang tanpa bermodal sejumlah pemain senior berpengalaman menghadapi Fenerbahce?
* Dirk Kuyt melawan Kieran Gibbs, atau bek kiri lainnya. Arsenal telah akrab bertemu dengan Dirk Kuyt yang nota bene telah tampil sebanyak 200 kali membela Liverpool. Ia tahu persis corak bermain tim-tim Inggris yang mengandalkan kecepatan dan kekuatan fisik. Ini jelas pekerjaan rumah bagi Gibbs yang menempati posisi bek kiri.
* Olivier Giroud melawan Joseph Yobo. Arsenal boleh dibilang tanpa kekuatan daya gedor mumpuni. Harapan bertumpu kepada kedalaman Olivier Giroud yang berperan sebagai striker murni. Sebagai manajer sarat pengalaman, Wenger tidak mati akal. Ia memaksimalkan penampilan Giroud agar serbuan Arsenal bertubi-tubi dan berbuah gol.
* Fenerbahce boleh menyandarkan harapan kepada bek tengah asal Nigeria, Joseph Yobo. Ia punya pengalaman bertanding di atmosfer Liga Inggris ketika masih membela Everton. Ia masih punya kekuatan fisik memadai meski usianya sudah 32 tahun. Jika Yobo mampu "menjinakkan" pergerakan Giroud maka Arsenal menemui kesulitan menembus pertahanan tim dari Turki itu.
* Fenerbahce melawan UEFA. Apakah Arsenal bakal menangguk keuntungan dari situasi kisruh dan keprihatinan yang kini melanda Fenerbahce berkaitan ancaman hukuman yang dilayangkan oleh UEFA?

Prakiraan susunan pemain:
Fenerbahce (4-3-3):
Gunok (penjaga gawang), Potuk, Irtegun, Yobo, Kaldirim, Meireles, Emre, Topuz, Emenike, Sow, Kuyt
Pemain cadangan:
Kirintili, Erkin, Korkmaz, Kesimal, Baroni, Sahin, Ucan, Webo

Arsenal FC (4-2-3-1):
Szczesny (penjaga gawang), Sagna, Mertesacker, Koscielny, Gibbs, Ramsey, Wilshere, Cazorla, Walcott, Giroud, Rosicky
Pemain cadangan:
Fabianski, Jerkinson, Nacho, Frimpong, Zelalem, Gnarby, Podolski, Sanogo

Data dan fakta:
* Arsenal pernah berkunjung dan bertanding di Stadion Sukru Saracoglu dalam ajang Piala Champions 2009-2009. Mereka mampu mengalahkah Fenerbahce dengan skor 5-2. Kemenangan ini memecahkan rekor Fenerbahce tidak terkalahkan dalam 15 pertandingan di Erropa.
* Susunan pemain dari kedua tim ketika bertanding pada 21 Oktober 2008:  
Fenerbahçe: Volkan Demirel, Gökhan Gönül (Burak 79), Edu Dracena, Lugano, Roberto Carlos, Maldonado (Ali Bilgin 52), Alex, Selçuk Şahin, Uğur Boral, Semih Şentürk, Güiza.
Arsenal: Almunia, Eboué, Song, Silvestre, Clichy, Walcott (Djourou 84), Fàbregas, Diaby (Ramsey 73), Denilson, Nasri, Adebayor (Vela 86).
* Dalam tujuh pertandingan di kandang di ajang Liga Eropa musim lalu, Fenerbahce mengemas empat kali menang, dua kali imbang dan hanya sekali kalah.
* Fenerbahce pernah menekuk Chelsea dengan skor 2-1 dalam laga kandang, dan akhirnya kalah 0-2 di pertandingan leg kedua di London dalam ajang kuarter-final Liga Champions musim 2007-2008. Rekor pertandingan kandang menghadapi tim-tim asal inggris, yakni menang tiga kali, imbang sekali, kalah tiga kali.
* Arsenal lolos ke babak 16 besar Liga Champions musim lalu meski akhirnya kalah dari Bayern Muenchen dengan selisih gol tandang.
* Emre Belözoğlu pernah membela Newcastle United FC pada 2005-08, Dirk Kuyt (Liverpool FC), Raul Meireles (Liverpool FC 2010-11 and Chelsea FC 2011-12) and Joseph Yobo (Everton FC 2002-10). Mereka kini berada di kubu Fenerbahce.
* Mikel Arteta pernah bermain bersama Yobo di Everton dari tahun 2005 sampai 2010, dan melawan Kuyt dan Meireles dalam derbi Merseyside ketika keduanya masih berkostum Liverpool.
* Pierre Webó dan Nacho Monreal pernah bermain bersama di Osasuna pada 2006-2007.
 
Prediksi hasil laga: (Goal.com)
* Fenerbahçe 1-2 Arsenal FC (15,17 persen)
* Fenerbahçe 1-3 Arsenal FC (11,67 persen)
* Fenerbahçe 0-2 Arsenal FC (  8,43 persen)

Head to Head

UEFA Champions League ‎UCL)
5 Nov 2008     Arsenal FC 0 - Fenerbahçe 0     
21 Oct 2008     Fenerbahçe 2 - Arsenal FC 5     

Lima laga terakhir:     

Fenerbahçe
17 Aug 2013    Konyaspor 3 - Fenerbahçe 2    TUR1
11 Aug 2013    Galatasaray 1 - Fenerbahçe 0    TURS
6 Aug 2013    Fenerbahçe 3 - Salzburg 1    UCL
31 Jul 2013    Salzburg 1 - Fenerbahçe 1    UCL
24 Jul 2013    Fenerbahçe 0 - PSV Eindhoven 2    FRC

Arsenal FC
17 Aug 2013    Arsenal FC 1 - Aston Villa 3    EPL
10 Aug 2013    Arsenal FC 3 - Manchester City 1    FRC
4 Aug 2013    Arsenal FC 1 - Galatasaray 2    FRC
3 Aug 2013    Arsenal FC 2 - Napoli 2    FRC
26 Jul 2013    Urawa Red Diamonds 1 - Arsenal FC 2    FRC

Narasi prediksi:
* Penjaga gawang Arsenal, Szczesny mengatakan, "Saya tidak ingin atmosfer stadion mempengaruhi para pemain. Kami berharap dapat tampil penuh percaya diri. Kami sadar bahwa dukungan penonton sungguh luar biasa mendukung tim kesayangannya."
* Manajer Ersun Yanal sekurang-kurangnya berusaha memaksimalkan dan memanfaatkan fakta bahwa Arsenal sedang menghadapi masalah serius dengan cedera pemain. Ia akan melihat dan mempelajari tayangan pertandingan ketika Aston Villa mengalahkan Arsenal.

Prediksi editor Antaranews.com:
Fenerbahce: 0
Arsenal FC: 2

Editor: AA Ariwibowo

COPYRIGHT © ANTARA 2013

Komentar Pembaca
Baca Juga