Metode 'follow the line' dengan cara menulis Al Quran dengan cara menebalkan. Satu ayat yang berhasil ditebalkan ternyata dapat memberikan satu kecerdasan pada anak, mereka dapat lebih mudah menghafal Al Quran,"
Jakarta (ANTARA News) - Mempelajari Al Quran ternyata bisa lebih mudah dengan menggunakan metode "follow the line" yang dikembangkan Yayasan Lembaga Kemanusiaan ESQ.

"Metode 'follow the line' dengan cara menulis Al Quran dengan cara menebalkan. Satu ayat yang berhasil ditebalkan ternyata dapat memberikan satu kecerdasan pada anak, mereka dapat lebih mudah menghafal Al Quran," kata Ketua Yayasan LK ESQ Lea Irawan melalui siaran pers diterima di Jakarta, Kamis.

Lea mengatakan melalui metode itu anak dapat diajarkan untuk mencintai Al Quran sejak dini, tidak hanya melalui bangku formal.  Menurut dia, anak sejak dini harus didekatkan dengan Al Quran dengan cara yang menyenangkan.

Dengan metode yang sesuai dengan usia, anak-anak bisa menjadi lebih senang mempelajari Al Quran. Lingkungan, orang tua dan sekolah berperan menanamkan nilai spiritual kepada anak.

Pada Ramadhan lalu, Yayasan LK ESQ menggelar kegiatan "Semesta Ramadhan" di Ocean Dream Samudera, Taman Impian Jaya Ancol. Dalam kegiatan itu, selain mengajarkan metode "follow the line" anak-anak juga diajak mengenal ciptaan Allah dengan melihat keanekaragaman hayati di lautan Indonesia.

"Biasanya kami memberikan santunan, tapi kali ini kami ingin memberikan nilai lebih berupa hiburan sekaligus pengetahuan akan kekayaan bahari Indonesia sehingga memotivasi mereka menjaga kelestarian laut," katanya.(*)

Pewarta: Dewanto Samodro
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013