... KRI Dewaruci, adalah Duta Persahabatan Indonesia, kami menyambut baik kehadiran kapal ini di kota kami... "
Jakarta (ANTARA News) - Pelayaran KRI Dewaruci kini diwarnai perbaikan ketiga tiang kapal layar tiang tinggi TNI AL itu di Pelabuhan Geraldton, Australia Barat, setelah terkena badai di Samudera Hindia, sekitar 140 mil laut dari pantai negara benua itu. 

Kehadiran KRI Dewaruci yang dipimpin Letnan Kolonel Pelaut Anung Sutanto dan 145 awaknya dalam keadaan tiang-tiang patah sehingga memerlukan perbaikan besar itu membuat seluruh warga Geraldton bersimpati atas perjuangan seluruh awaknya untuk tetap mempertahankan pelayaran kapal latih TNI AL itu. 

Situs thewest.com.au, Kamis, menegaskan simpati itu dengan mengutip pernyataan Walikota Geraldton, Ian Carpenter, "Kapal layar tiang tinggi ini, KRI Dewaruci, adalah Duta Persahabatan Indonesia, kami menyambut baik kehadiran kapal ini di kota kami. Sekaligus memberi kesempatan seluas-luasnya kepada warga Geraldton menjadi Duta Australia bagi komandan dan awak KRI Dewaruci."

Lebih jauh lagi, walau ketiga tiang utama dan tiang horisontal di haluan kapal layar buatan galangan kapal Stulcken & Sohns, Hamburg, Jerman, pada 1952 itu patah, keadaan itu disikapi secara positif. 

Dewan Kota Geraldton berkumpul di Balai Kota Geraldton, sebagaimana diutarakan thewest.com.au itu. Pertemuan Dewan Kota Geraldton pada Jumat pagi tadi berfokus pada upaya menghibur ke-72 kadet Akademi TNI AL yang turut dalam pelayaran KRI Dewaruci itu. 

Sebagai contoh, bus-bus besar disiapkan Kota Geraldton untuk membawa mereka mengenal kota itu, rumah-rumah warga membuka pintu lebar-lebar untuk sekedar menjamu mereka; tiap rumah juga menjadi rumah bagi beberapa kadet itu. 

Jika kadet-kadet Akademi TNI AL usia belasan tahun itu diupayakan bisa dihibur warga Kota Gerladton, maka ke-88 awak dan perwira KRI Dewaruci tetap berada di kapal untuk menilai dampak kerusakan tiang-tiang kapal dan lain-lain. 

Dilaporkan dari sumber, satu tim dari Dinas Fasilitas dan Pemeliharaan TNI AL telah berada di kota itu untuk mempercepat perbaikan. 

Menurut thewest.com.au, peragaan marching band Genderang Suling Jala Gita Akademi TNI AL akan digelar di jalan-jalan Kota Geraldton, Sabtu besok (24/8). 

Mereka menjadi bukti bahwa KRI Dewaruci memang Duta Persahabatan Indonesia sejati, walau dalam keadaan demikian. 

Selepas parade unjuk kebolehan bernuansa disiplin militer dibungkus keramahan khas Indonesia itu, makan malam beramai-ramai dengan warga Geraldton digelar. 

Menunya adalah barbekyu diiring tari-tarian dari kadet-kadet Akademi TNI AL dan warga Geraldton. 

Pewarta: Ade P Marboen
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013