Jakarta (ANTARA News) - Wakil Presiden Asosiasi Pusat Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Asia Pasifik Pichai Sonchaeng mengatakan bahwa memperkenalkan IPTEK lewat pengalaman kepada anak-anak akan lebih menyenangkan dan lebih mudah diterima.

"Mengajak anak-anak untuk melihat langsung penemuan dan hasil produksi dari IPTEK akan menarik minat mereka secara tidak langsung," ujar Pichai Sonchaeng dalam Simposium Internasional Komunikasi Publik tentang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi 2013 di Jakarta, Selasa.

Pichai mengatakan bahwa terdapat beberapa tempat yang dapat dikunjungi untuk memperkenalkan penemuan dan hasil IPTEK, salah satunya adalah museum.

Di museum, lanjut Pichai, anak-anak akan melihat langsung produk hasil IPTEK dan mereka sekaligus mendapatkan penjelasan dari pihak museum tentang penemuan tersebut.

"Di beberapa tempat bahkan mereka bisa mencoba sendiri alat-alat penemuan tersebut," ujar Pichai.

Dengan demikian, tambahnya, anak-anak mendapatkan pengetahuan sekaligus pengalaman tentang IPTEK, sehingga mereka dapat melihat dan merasakan langsung manfaat dari IPTEK itu sendiri.

Sementara itu, Presiden Jaringan Komunikasi Publik tentang IPTEK Toss Gascoigne menambahkan, anak-anak perlu diperkenalkan IPTEK dengan cara yang bersahabat dan melalui hal-hal yang dekat dengan mereka.

"Perlu sikap bersahabat dan mendengarkan tentang apa yang ingin mereka tahu tentang IPTEK. Dengan demikian, pengetahuan yang diberikan akan sesuai dengan kebutuhan mereka," ujar Toss.

Untuk itu, lanjut Toss, orang tua atau guru di sekolah berperan penting dalam memperkenalkan IPTEK kepada anak-anak yang sesuai dengan umur dan kebutuhan mereka.

Pewarta: Selalu Panduarsa Gareta
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2013