Di daerah-daerah tersebut banyak industri dan perusahaan jasa skala besar, karena itulah menjadi tujuan para pencari kerja dari Pandeglang,"
Pandeglang (ANTARA News) - Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Sosial Kabupaten Pandeglang Anwar Fauzan menyatakan pembuatan kartu kuning pascakelulusan sekolah menengah atas (SMA) atau sederajat di daerah ini mengalami peningkatan.

"Jika biasanya pembuatan kartu kuning rata-rata 50 lembar perhari, pascakelulusan siswa SMA/sederajat meningkat menjadi 100-200 lembar per hari," katanya di Pandeglang, Selasa.

Peningkatan tersebut, kata dia, karena banyak lulusan SMA/sederajat memilih untuk mencari pekerjaan. Indikasinya banyak yang membuat kartu kuning merupakan lulusan SMA/sederajat.

Data dari Dinas Pendidikan Kabupaten Pandeglang, kata dia, jumlah lulusan SMA/sederajat pada 2013 mencapai 11 ribu siswa, dan dari jumlah tersebut banyak diantaranya yang tidak melanjutkan pendidikan.

Menurut dia, kartu kuning diperlukan karena menjadi salah satu persyaratan untuk mengajukan lamaran pekerjaan.

Ia juga menyatakan, para pembuat kartu kuning di daerah tersbut, sebagian besar akan mencari pekerjaan di luar daerah, seperti Kota Cilegon, Serang, Tangerang, Bogor dan DKI Jakarta.

"Di daerah-daerah tersebut banyak industri dan perusahaan jasa skala besar, karena itulah menjadi tujuan para pencari kerja dari Pandeglang," katanya.

Sedangkan di Kabupaten Pandeglang, kata dia, peluang pekerjaan sangat sedikit, yakni sekitar 500 lowongan per tahun, dan itu sudah termasuk di pertokoan, perhotelan dan industri kecil.

Warga, kata dia, terkadang tidak mau menjadi pelayan toko atau bekerja pada industri kecil, dan mereka lebih memilih untuk mencari pekerjaan pada industri besar atau perusahaan jasa besar seperti super market.

Disnakertransos Kabupaten Pandeglang, kata dia, siap memberi fasilitas bagi para pencari kerja tersebut, diantaranya melalui pembuatan kartu kuning serta menempel pengumuman lowongan pekerjaan di kantor instansi tersebut.

"Ada juga perusahaan dari luar daerah yang memberi informasi pembukaan lowongan pekerjaan, dan kita tempel di papan pengumuman yang ada di Kantor Disnakertransos," katanya.

(S031/Z003)

Pewarta: Sambas
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013