Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Riset dan Teknologi menggelar Rapat Koordinasi Nasional Riset dan Teknologi selama dua hari, pada 27--28 Agustus 2013, di Jakarta, sebagai awal rangkaian peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional ke-18.

Rakornas Ristek, menurut Ketua Pelaksana Peringatan Hakteknas ke-18 Goenawan Wybisana di Jakarta, Selasa, dibuka langsung oleh Menteri Riset Teknologi (Menristek) Gusti M Hatta di Sasana Langen Budoyo Taman Mini Indonesia Indah.

Rakornas Ristek, menurut dia, digelar untuk menghasilkan kesepakatan antara berbagai pemangku kepentingan iptek tentang naskah akademik Kebijakan Strategis Pembangunan Nasional Bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Jakstranas Iptek) 2015--2019, dan naskah akademik Agenda Riset Nasional (ARN) 2015--2019.

Selain itu, lanjutnya, Rakornas ini juga dilaksanakan untuk menyelaraskan naskah akademik Kebijakan Strategis Pembangunan Nasional Bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Jakstranas Iptek) 2015--2019 dan naskah akademik Agenda Riset Nasional (ARN) tahun 2015--2019 dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2015--2019.

Rakornas Ristek tersebut, ia mengatakan selain diikuti Kemristek juga diikuti beberapa kementerian dan instansi lain yakni Kemenko Perekonomian, Kementerian Keuangan, Bappenas, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Perguruan Tinggi, Balitbang Kementerian, AIPI, KIN, DRN, KEN, Pemda, Balitbangda, DRD dan juga sektor industri.

Para peserta akan dibagi ke dalam tujuh sidang komisi sesuai bidang fokus pengembangan iptek yakni pangan, energi, transportasi, teknologi informasi dan komunikasi, kesehatan dan obat, hankam, dan material maju untuk membahas tentang prioritas penelitian, pengembangan, dan penerapan teknologi bidang pangan beserta target dan strategi pencapaian pada masing-masing bidang fokus

Pada hari kedua Rakornas Ristek rencananya mantan Presiden BJ Habibie akan menyampaikan pidato. Sedangkan puncak peringatan Hakteknas akan dilaksanakan di TMII pada 29 Agustus 2013 dan dihadiri Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Selain itu pameran teknologi yang akan dilaksanakan pada 29--30 Agustus 2013 ini akan mempertunjukkan berbagai macam pameran, seminar, dan workshop tentang perkembangan teknologi dan hasil pengembangan teknologi dalam berbagai bidang.

Beberapa hasil pengembangan teknologi yang akan dipamerkan diantaranya yakni pengembangan teknologi senjata militer, persinyalan kereta api, satelit LAPAN, pesawat terbang, teknologi argoindustri, dan varietas unggul pertanian.
(V002)

Pewarta: Virna P Setyorini
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013