New York (ANTARA News) - Madonna masih "material girl". Penyanyi tenar berusia 55 tahun itu disebut sebagai pesohor berpenghasilan paling tinggi di dunia, menurut laporan majalah Forbes, Senin.

Pendapatan Madonna diperkirakan sebesar 125 juta dolar tahun lalu, yang terbanyak diraupnya melalui tur keliling MDNA, yang menghasilkan penjualan 305 juta dolar termasuk untuk penjualan pakaian, parfum dan benda lain.

Forbes memperkirakan pendapatan Madonna dari Juni 2012 hingga Juni 2012 mencapai 125 juta dolar AS, dengan perolehan terbesar dari tur dan peluncuran album terbarunya MDNA.

Tur MDNA itu mengunjungi 67 kota untuk 88 pertunjukkan, secara kotor menghasilkan pendapatan lebih dari 300 juta dolar, sehingga tercatat sebagai penghasilan kotor tertinggi untuk tur pertunjukkan tahun 2012,lapor laman CBC News mengutip Forbes yang dipantau dari Jakarta.

"Keberhasilan Madonna, pada usia 55 tahun membuktikan kekuatan menakjubkan dari keberhasilan karir di bidang mudik," tulis Forbes.

Ditambahkan bahwa Ratu Pop dunia itu mendapat penghasilan tertinggi tahun lalu dibandingkan album tunggalnya yang lain sejak Forbes mengumpulkan daftar 100 pesohor pada tahun 1999.

Forber menyusun perkiraan pendapatan para pesohor dengan mewawancara para agen, manager, produser dan orang-orang lain yang dianggap sangat tahu, kemudian menyusun daftarnya.

Sutradara film Steven Spielberg menempati urutan kedua dengan penghasilan 100 juta dolar AS, yang didapat dari royalti penjualan DVD dn tiket masuk ke taman tema.

Produser televisi Simon Cowell(50) dibayangi penulis Shade of Grey dan pesohor radio Howard Stern menduduki urutan ke tiga dengan penghasilan 95 juta dolar.

Sementara itu penyanyi Lady Gaga yang sejauh ini dibandingkan setara dengan Madonna masa lalu, meraup pendapatan 80 juta dolar, sehingga masuk dalam daftar 10 besar, demikian Reuters.

(M007)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013