Kami bersama aparat terkait sudah melakukan pemantauan rute yang dilalui...
Pekanbaru (ANTARA News) - Panitia Pelaksana Tur de Siak, Riau mematangkan rute agar para pebalap dari berbagai negara yang melintasi jarak sekitar 400 km tidak mengalami kendala.

"Kami bersama aparat terkait sudah melakukan pemantauan rute yang dilalui, ada beberapa jalan yang sedang diperbaiki," kata Ketua Panpel Tur de Siak Amin Budyadi yang dihubungi dari Pekanbaru, Jumat.

Dia mengatakan rute yang dilalui pebalap sebagian sedang dalam tahap perbaikan oleh aparat Dinas Bina Marga Pemerintah Kabupaten Siak.

Tur de Siak memiliki tiga rute yakni pertama melalui tiga jembatan masing-masing Jembatan Sultan Abdul Jalil Rahmat Syah, Tengku Agung Sulatransalatifah dan jembatan Sultan Syarif Hasyim.

Sedangkan rute kedua untuk nomor team time trial (TTT) dalam kota sekitar 90 km serta rute ketiga balap jalan raya menuju arah Kecamatan Dayun, Kecamatan Koto Gasip dan sebaliknya sepanjang 20 km.

Rute yang akan dilalui pebalap merupakan bekas lintasan yang digunakan pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII/2012 di Riau.

Menurut dia, panpel telah melakukan pemantauan bersama Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB ISSI) sebagai pihak berwenang untuk mengelar tur pada 22-25 September 2013.

Pebalap yang sudah positif mengikuti Tur de Siak berasal dari Thailand, Australia, Bahrain, Brunai Darussalam, Singapura dan Malaysia, mereka telah menghubungi dan bersedia mengikuti lomba.

Sementara itu, Bupati Siak Syamsuar mengatakan tujuan pelaksanaan Tour de Siak adalah untuk mengenalkan potensi wisata di wilayah ini melalui olah raga.

Syamsuar mengatakan pihaknya sudah melaporkan masalah Tour de Siak ke Menteri Pariwisata dan Ekonomi Krestif Mary Elka Pangestu dan dijadikan sebagai agenda tahunan wisata.

Pewarta: Adityawarman
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2013