Palembang (ANTARA News) - Tim Pasukan pengibar bendera pusaka yang bertugas pada upacara bendera HUT RI 17 Agustus 2013 di Pemerintah Kota Palembang, mendapat kesempatan berwisata ke Bangkok, Singapura dan singgah di Batam.

Tim Pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) yang berangkat menggunakan pesawat hari ini berjumlah 65 orang masing-masing 30 orang anggota Paskibraka, 10 orang anggota Purna Paskibraka dan selebihnya petugas dari Diknas setempat, kata panitia pendamping Eduwar Palestino di Palembang, Senin.

Ia menjelaskan, kegiatan wisata tersebut merupakan penghargaan yang diberikan Pemerintah Kota Palembang karena dinilai telah berjasa dan berhasil menjalankan tugas menaikkan dan menurunkan bendera pusaka pada upacara HUT Kemerdekaan RI 17 Agustus lalu di lingkungan kantor Pemerintahan Kota Palembang.

"Mereka wajar mendapat penghargaan dari Pemerintah Kota Palembang, karena untuk menjadi anggota Paskibraka tidak mudah, harus melalui rangkaian perjuangan panjang digembleng selama dua bulan," katanya.

Tim Paskibraka Kota Palembang tersebut sebelumnya mengikuti pembinaan antara lain masalah fisik, mental serta wawasan kebangsaan, sehingga mereka betul-betul menjadi pemuda yang cinta Tanah Air serta memiliki budi pekerti dan akhlak yang mulia, katanya.

Sedangkan para pembinanya selama mengikuti pelatihan, selain dari para senior Paskibraka juga unsur TNI atau Polri.

Menurut dia, setelah melalui rangkaian pendidikan dan pelatihan terutama masalah baris-berbaris, sampai mereka sukses menjalankan tugas menaikkan dan menurunkan bendera pusaka pada puncak HUT Kemerdekaan RI 17 Agustus lalu, sekarang giliran berwisata ke luar negeri.

Kegiatan wisata ke luar negeri ini, kata dia, sudah menjadi program Pemerintah Kota Palembang yang diselenggarakan setiap tahun setelah selesai menjalankan tugas menaikkan dan menurunkan bendara pada upacara HUT Kemerdekaan RI.

Ia menambahkan, tim Paskibraka itu selama lima hari di luar negeri selain berwisata, juga mendapat kesempatan menimba pengalaman serta belajar budaya di negara yang dikunjungi. (*)

Pewarta: Muhammad Suparni
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013