Penyaluran BLSM I berlangsung maksimal, dan hasil evaluasi menjadi pertimbangan untuk perbaikan dan peningkatan pelayanan penyaluran BLSM II
Bandung (ANTARA News) - PT Pos Indonesia menyiapkan sejumlah kapal laut untuk penyaluran Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) kepada RTS di sejumlah pulau di Indonesia.

"Penyaluran BLSM tidak semuanya di daratan, kita tempuh pelayanan untuk penyaluran ke RTS di sejumlah pulau. Kita masuk menggunakan kapal laut ke sana disamping mengerahkan komunitas," kata Direktur Utama PT Pos Indonesia Budi Setiawan didampingi Manajer Humas Abu Sofian di Bandung, Senin.

Penyaluran BLSM yang dilakukan PT Pos Indonesia memerlukan kiat-kiat untuk bisa mendekatkan dan sampai kepada rumah tangga sasaran.

Salah satunya penggunaan kapal laut baik ukuran sedang maupun ukuran kecil sehingga penerima manfaat BLSM itu tidak perlu datang ke Kantor Pos yang jauh dari kampung atau tempat tinggal mereka.

"Penyaluran BLSM I berlangsung maksimal, dan hasil evaluasi menjadi pertimbangan untuk perbaikan dan peningkatan pelayanan penyaluran BLSM II," katanya.

Ia mencontohkan, di wilayah Maluku dan sejumlah provinsi kepulauan di Sulawesi, Nusa Tenggara membutuhkan distribusi dengan menggunakan kapal dan perahu.

Penyaluran BLSM II dilakukan secara serentak oleh PT Pos Indonesia melalui Kantor Pos mulai Senin (2/9). Masing-masing RTS menerima senilai Rp300 ribu untuk Bulan Agustus dan September.

Sementara itu Manajer Humas PT Pos Indonesia Abu Sofian menyebutkan petugas Pos siap melakukan penyaluran langsung kepada penerima BLSM yang tidak bisa datang ke kantor pos karena alasan tertentu.

"Pencairan BLSM dilakukan selama sebulan ke depan, namun dilakukan penjadwalan per desa masing-masing agar penyaluran tertib dan tidak terjadi penumpukkan. Kami mengimbau masyarakat penerima bisa menyesuaikan dengan jadwal yang telah ditetapkan kantor pos setempat," kata Abu Sofian menambahkan.

Pewarta: Syarif Abdullah
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2013