Silverstone (ANTARA News) - Juara bertahan MotoGP Jorge Lorenzo menilai kemenangan di Sirkuit Silverstone, MotoGP Inggris Minggu siang waktu setempat sebagai salah satu kemenangan terbaik sepanjang kariernya.

"Ini adalah salah satu balapan terbaik yang pernah kulakukan. Saya sangat senang dan benar-benar senang. Ini kemenangan yang sangat penting," kata Lorenzo dikutip dari laman motogp.com.

Lorenzo juga memuji pebalap Repsol Honda Team Marc Marquez yang terus menempel ketat dia dan hampir mengalahkannya di balapan tersebut, meskipun didera cedera pada bahu kiri.

"Marc tidak pernah menyerah, bahkan meskipun terluka setelah pemanasan. Dia sempat menyalip saya di tiga lap terakhir. Saat di tiga tikungan terakhir, dia kembali menyalip saya. Kemudian dia membuka sedikit celah di tikungan terakhir dan saya pikir 'sekarang atau tidak sama sekali'. Saya coba dan saya dapatkan," tuturnya.

Hampir sepanjang balapan, Lorenzo mendominasi dan seolah tak terkejar meskipun di beberapa lap dia sempat ditempel ketat oleh Marquez.

Persaingan semakin seru ketika di lap terakhir Marquez kembali menyalip Lorenzo. Keunggulan Marquez tak bertahan lama, karena menjelang finish Lorenzo kembali menyalip dan mengukuhkan diri sebagai pemenang MotoGP Inggris.

Dengan hasil di Silverstone, Lorenzo memperkecil jarak sebesar lima poin dari Marquez yang memimpin klasemen sementara.

Marquez mengantongi 233 poin, masih unggul 30 poin dari rekan setimnya, Dani Pedrosa yang berada di urutan kedua. Sedangkan Lorenzo yang berhasil menambah 25 poin di Silverstone masih di posisi ketiga dengan total 194 poin, disusul rekan setimnya Valentino Rossi dengan 156 poin. (*)

Pewarta: Dewanto Samodro
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013